Sukses

Usia Koin Romawi Kuno Teridentifikasi

Ribuan uang logam peninggalan Romawi kuno yang ditemukan di sekitar Bath, Somerset, Inggris, ternyata berusia lebih tua sekitar 200 tahun dari kesimpulan awal.

Liputan6.com, Somerset: Ribuan uang logam peninggalan Romawi kuno yang ditemukan di sekitar Bath, Somerset, Inggris, ternyata berusia lebih tua sekitar 200 tahun dari kesimpulan awal. Kesimpulan para ahli menyebutkan, ribuan uang koin yang digali dari kawasan The Beau Street Hoard, sekitar 150 meter dari situs pemandian umum Romawi kuno di Kota Bath itu, berusia sekitar 32 tahun sebelum masehi.

Hasil penyelidikan ini sekaligus mengkoreksi kesimpulan awal yang menyebut uang koin peninggalan perabadan Romawi itu berusia sekitar 190 masehi. Proses indentifikasi ini antara lain melibatkan para arkeolog dan ahli konservasi dari British Museum, London.

Sekitar 20.000 uang koin itu ditemukan pada arkeolog pada 2007 lalu saat melakukan penggalian di sebuah kawasan yang diberi nama The Beau Street Hoard. Lokasi ini memang banyak ditemukan uang logam peninggalan Romawi. Uang koin itu ditemukan dalam kotak batu oleh para arkeolog yang terlibat dalam program konservasi peninggalan Romawi kuno di Kota Bath, Somerset.

Kalangan ahli menyebut kesimpulan usia uang koin Romawi kuno ini merupakan salah-satu temuan terpenting arkeologis di tanah Inggris. Pimpinan situs arkeologis pemandian Romawi kuno di kota Bath, Stephen Clews mengatakan, sejauh ini uang koin tersebut merupakan yang tertua dari temuan uang koin Romawi lainnya.

Staf ahli British Museum mengatakan, enam uang koin yang berukuran lebih kecil terlihat "sangat tidak biasa". Clews mengatakan, koin tertua yang ditemukan sebelumnya di Bath berusia sekitar 190 masehi. Sebelumnya, para arkeolog telah menemukan koin yang berusia 268 hingga 270 masehi di wilayah situs yang sama.

Sebagian wilayah Inggris, seperti diketahui, pernah dikuasai oleh Imperium Romawi ketika mereka menguasai sebagian wilayah Eropa, Afrika dan Asia. Setelah melalui proses penelitian serta dibersihkan, Museum The Roman Baths, museum di Somerset, Inggris, akan memamerkan uang koin tertua peninggalan Romawi kuno itu pada musim panas tahun depan.(BBC/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini