Sukses

Inggris Gelar Perayaan Berkuasanya Ratu Elizabeth II

Perayaan 60 tahun berkuasanya Ratu Elizabeth II akan digelar di Inggris. Perayaan itu akan menjadi pesta rakyat terbesar di dunia.

Liputan6.com, London: Inggris menggelar perayaan  60 tahun berkuasanya Ratu Elizabeth II. Perayaan yang akan digelar selama empat hari berturut-turut itu, akan menjadi pesta rakyat terbesar di dunia. Media JapanToday mewartakan, Sabtu (2/6), ratusan ribu orang diperkirakan akan turun di jalanan di Kota London selama beberapa hari berikutnya untuk perayaan Berlian Jubilee. Selain itu, jutaan orang akan menghadiri pesta jalanan di seluruh negeri menandai tonggak pemerintahan ratu.

Di Inggris, bendera kebangsaan "Union Jack", berwarna merah, putih dan biru telah berkibar di lampu-lampu jalan, rumah hingga bangunan mewah. Bahkan,  penjualan souvenir patriotik, pernak-pernik berlambang negara Inggris, telah meroket menjelang perayaan itu.

Rakyat juga menggunakan kesempatan itu untuk menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Ratu Elizabeth. Ia adalah kepala negara di 16 negara dari Australia dan Kanada untuk Tuvalu kecil di Samudra Pasifik, dalam  pelayanan publik selama bertahun-tahun.

Perdana Menteri Inggris David Cameron pun mengungkapkan kekagumannya terhadap kepemimpinan sang ratu. "Ratu telah memberikan pelayanan yang luar biasa," katanya.

Ratu Elizabeth II menjabat pada Februari 1952 setelah kematian ayahnya George VI. Ia kini menjadi kepala negara yang paling lama di Inggris.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.