Sukses

Lagi, 20 Warga Sipil Suriah Tewas

Di kawasan pusat Suriah, kelompok hak asasi manusia (HAM) mengatakan lebih dari 20 orang kembali dilaporkan tewas dalam serangan pasukan pemerintah yang terbaru.

Liputan6.com, Homs: Di kawasan pusat Suriah, kelompok Hak Asasi Manusia (HAM) mengatakan, lebih dari 20 orang dilaporkan tewas dalam serangan pasukan pemerintah yang terbaru, menyusul pembantaian Jumat lalu yang menewaskan lebih dari 100 orang.

Seperti dikutip NHK, Senin (28/5), kelompok HAM itu mengatakan pasukan setia kepada Presiden Bashar al-Assad menyerang Kota Hama dan menewaskan lebih dari 20 warga sipil dalam 24 jam sampai Senin pagi.

Serangan ini menyusul insiden pembantaian berdarah Jumat lalu di Houla, dekat kota pusat Suriah, Homs. Menurut pernyataan PBB, pembantaian itu menewaskan lebih dari 100 orang, banyak dari mereka diketahui perempuan dan anak-anak. Kelompok HAM itu juga menyalahkan pembantaian itu kepada pasukan setia kepada Assad.

Dewan Keamanan (DK) PBB mengeluarkan pernyataan pada Ahad lalu, yang mengutuk pembantaian itu. DK PBB juga menuntut agar pemerintah Suriah memenuhi Resolusi Dewan Keamanan dan segera berhenti menggunakan senjata berat di daerah-daerah penduduk.

Dalam langkah penyelesaian terpisah, Utusan PBB-Liga Arab Kofi Annan saat ini kembali mengunjungi Suriah. Ia dijadwalkan bertemu dengan Presiden Assad, Selasa ini. Kini, semua mata masyarakat internasional tertuju pada apakah upaya Annan bisa membantu untuk mengakhiri krisis 15-bulan di Suriah [baca: Ratusan Tewas, Annan Kunjungi Suriah]. (JAY/MEL)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.