Sukses

Obama-Karzai Bahas Penarikan Pasukan dari Afghanistan

Di sela-sela pertemuan negara-negara Pakta Pertahanan Atlantik Utara, Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Presiden Afghanistan Hamid Karzai membahas penarikan pasukan NATO dari Afghanistan pada akhir 2014 mendatang.

Liputan6.com, Chicago: Di sela-sela pertemuan negara-negara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Presiden Afghanistan Hamid Karzai bertemu, Ahad (20/5). Mereka menegaskan kembali visi bersama untuk menciptakan Afghanistan yang aman dan stabil dengan mewujudkan penarikan pasukan NATO dari negeri tersebut.

Sebelumnya, Obama dan Presiden Afghanistan Hamid Karzai berencana menarik pasukan NATO dari Afghanistan pada akhir 2014 mendatang. Namun, hal tersebut akan terlaksana jika Afghanistan benar-benar aman dari serangan kelompok militan, seperti Taliban.

Dalam pertemuan tersebut, Obama menyatakan akan tetap menjalin hubungan baik dengan Afghanistan. Terutama, bila nanti pasukan NATO jadi ditarik. "Meski perang Afghanistan berakhir dan pasukan NATO jadi ditarik, kita mesti tetap bekerja sama," katanya.

Sedangkan Presiden Karzai berjanji akan menyelesaikan transisi keamanan di negaranya pada 2013 mendatang. Dengan demikian, Afghanistan tidak bergantung lagi pada pihak internasional dalam mengamankan negara.

Sebelumnya, Presiden Prancis Francois Hollande berjanji menarik pasukan tempur dari Afghanistan tahun ini, setahun lebih cepat dari yang direncanakan. Dia mengatakan pasukan dengan jumlah yang sangat terbatas akan tetap berada di Afghanistan guna melatih pasukan keamanan negara tersebut.(RZK/ANS/VOA)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.