Sukses

Sekte Alawi-Sunni Bentrok di Lebanon

Seorang tentara dan seorang warga sipil tewas di Kota Tripoli, Lebanon dalam bentrokan bernuansa sektarian antara Sunni dan minoritas Alawi. Bentrokan bersenjata terjadi sejak Sabtu (12/5) malam.

Liputan6.com, Tripoli: Seorang tentara dan seorang warga sipil tewas di Kota Tripoli, Lebanon dalam suatu bentrokan bernuansa sektarian antara kelompok Sunni dan minoritas Alawi. Bentrokan bersenjata terjadi di daerah kantong Alawi sejak Sabtu (12/5) malam.

Ketegangan di kota pelabuhan Tripoli itu meningkat sejak pemberontakan di Suriah terjadi Maret tahun lalu. Bentrokan tersebut menunjukkan bagaimana ketegangan menyebar dari Suriah ke Lebanon. Presiden Suriah berasal dari kelompok Alawi.

Februari lalu sedikitnya dua orang tewas di Tripoli dalam suatu bentrokan antara para pendukung dan penentang Presiden Suriah Bashar al-Assad. Dalam insiden terakhir, dua roket berpeluncur granat jatuh di kawasan Bab Tabbaneh, Tripoli. Sejumlah laporan menyebutkan ledakan terdengar di seluruh penjuru kota. Walaupun tentara Lebanon dikerahkan di kawasan dua kelompok itu, bentrokan senjata terus berlanjut sampai Minggu (13/05) pagi.

Tripoli didominasi oleh kelompok Sunni yang mendukung pemberontakan anti-Presiden Assad di Suriah. Sementara di Lebanon sendiri saat ini menampung ribuan pengungsi dari Suriah. (BBC/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini