Sukses

Obama Mendadak Kunjungi Afghanistan

Kunjungan Presiden Barack Obama sangat mendadak, pasalnya ia meninggalkan Washington tanpa mengumumkan jadwal keberangkatannya.

Liputan6.com, Kabul: Presiden AS Barack Obama mengunjungi Afghanistan tepat pada peringatan tahun pertama pembunuhan pemimpin Al-Qaidah Usamah bin Ladin atau Osama bin Laden. Kunjungan Obama itu sangat mendadak, pasalnya ia meninggalkan Washington tanpa mengumumkan jadwal keberangkatannya.

Seperti dikutip NHK, Rabu (2/5), Obama tiba di Pangkalan Udara Bagram di luar ibu kota Afghanistan, Kabul, pada Selasa malam waktu setempat. Hari ini, ia akan memperingati satu tahun sejak pasukan khusus AS membunuh Usamah di Pakistan. Selain itu, Obama juga akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai di Kabul.

Kedua pemimpin itu akan menandatangani perjanjian kemitraan strategis komitmen AS untuk Afghanistan setelah kepergian pasukan tempur AS pada 2014 nanti. Perjanjian ini memungkinkan militer AS untuk melatih tentara Afghanistan dan operasi melawan kelompok militan Al-Qaidah.

Obama juga berbicara kepada tentara AS di Pangkalan Udara Bagram. Ini adalah kunjungan pertama Obama ke Afghanistan sejak Desember 2010 dan ketiga sejak pelantikan jabatannya sebagai presiden. Menurut para pengamat, Obama rupanya ingin mengingatkan masyarakat AS atas "prestasinya", yang bisa membunuh gembong teroris nomor wahid itu. Terutama, menjelang Pemilihan Presiden AS.(JAY/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.