Sukses

Iran Jiplak Mesin Pesawat Tak Berawak AS

Perwira Angkatan Udara Iran menyatakan telah menduplikat mesin pesawat tak berawak AS yang telah dilumpuhkan pada Desember 2011 silam.

Liputan6.com, Teheran: Belum puas melumpuhkan pesawat tak berawak RQ-170 Sentinel milik Amerika Serikat, kini Iran mengembangkan mesin pesawat tersebut. Seperti dilansir VOA News, Ahad (22/4), Perwira Angkatan Udara Iran menyatakan telah menduplikat mesin pesawat tak berawak AS yang telah dilumpuhkan pada Desember 2011 silam.

Kepala Divisi Pertahanan Revolusioner Iran Jenderal Amir Ali Hajizadeh mengatakan, kini para mekanik Iran tengah memindahkan data dari RQ-170 Sentinel. Menurut dia, sekalipun pesawat AS tersebut memiliki banyak kode rahasia, pihaknya telah berhasil memecahkannya.

Dalam mematahkan kendali pesawat mata-mata tersebut, Iran menggunakan alat spesialis peperangan elektronik dengan memotong kontak pada pesawat tak berawak AS. Kemudian, sentinel itu menyetel ulang koordinat sistem penentu posisi global atau GPS pada pesawat dan mendaratkannya di wilayah Iran.

Yang paling menarik, Hajizadeh juga mengungkap informasi penting yang didapat bahwa pesawat tersebut sebelumnya telah berada di atas tempat persembunyian Usamah bin Ladin, dua pekan sebelum dirinya dibunuh.

Sementara itu, The Washington Post melaporkan dua minggu lalu bahwa selama ini Pusat Intelijen AS (CIA) diam-diam mengawasi pesawat tak berawak yang telah beroperasi selama tiga tahun di Iran. Pengintaian tersebut bertujuan untuk memata-matai Iran terkait program nuklirnya yang dianggap membahayakan dunia.(RZK/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.