Sukses

AS dan Jepang Bakal Cegah Roket Korut

Amerika Serikat dan Jepang berusaha memaksimalkan upaya diplomatik untuk mencegah peluncuran roket Korea Utara yang dinilai mengancam keamanan regional.

Liputan6.com, Pyongyang: Rencana peluncuran roket Korea Utara (Korut) menimbulkan kecemasan masyarakat internasional. Amerika Serikat dan Jepang berusaha memaksimalkan upaya diplomatik untuk mencegah peluncuran roket Korea Utara yang dinilai mengancam keamanan regional.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton meminta pemerintah Pyongyang membatalkan peluncuran roketnya. Hillary menegaskan peluncuran roket akan menjadi ancaman langsung terhadap keamanan regional, Rabu (11/4).

Sementara mitranya, Menteri Luar Negeri Jepang Koichiro Gemba menyatakan akan melakukan langkah diplomatik dengan Amerika Serikat dan negara-negara lainnya untuk mencegah peluncuran roket. Gemba mengatakan Jepang akan menggandeng Amerika Serikat, Korea Selatan, Cina, dan Rusia untuk mencari solusi bersama masalah ini.

Kontroversi dan kecaman terhadap peluncuran roket yang menurut Pyongyang untuk mengorbitkan satelit komunikasi bright star-3, muncul karena bertentangan dengan sanksi PBB yang melarang Korea Utara mengembangkan misil yang bisa membawa kepala nuklir.(Reuters/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini