Sukses

Cuaca Ekstrim Tewaskan Ratusan Orang

Ratusan orang tewas akibat musim dingin terburuk di Jepang. Mereka merupakan para lanjut usia dan orang yang berpengalaman membersihkan salju.

Liputan6.com, Tokyo: Ratusan orang di Jepang tewas akibat musim dingin terburuk ditambah dengan turunnya salju tebal sejak pekan lalu [baca: Jepang Diselimuti Udara Dingin Terburuk]. Badan Manajemen Kebakaran dan Bencana mengatakan sejauh ini 103 orang tewas, akibat kondisi cuaca ekstrim termasuk kecelakaan lalu-lintas.
 
Situs NHK, Jumat (17/2) melansir sebanyak 23 orang tewas di Prefektur Niigata, 21 orang di Hokkaido, dan 15 lainnya dari Yamagata. Sedangkan dari Akita dan Aomori masing-masing 12 orang tewas akibat cuaca buruk tersebut. Sebanyak 67 orang dari korban tewas merupakan mereka yang berusia 65 tahun atau lebih. Lebih dari 75 persen penyebab korban tewas karena kecelakaan saat membersihkan salju.
 
Badan tersebut juga mengatakan para lanjut usia yang tewas merupakan orang-orang berpengalaman dalam membersihkan salju. Namun sepertinya mereka kurang melakukan persiapan. Menurut pihak berwenang, aktivitas pembersihan salju itu harus dilakukan secara berpasangan.

Sementara itu ahli cuaca mengatakan bagian tengah dan barat yang menghadap ke laut Jepang akan dilanda salju berat pada Jumat dan Sabtu ini. Beberapa daerah pegunungan di laut Jepang bahkan telah dilanda hujan salju dua kali lipat dari jumlah rata-rata salju yang umumnya terjadi. Mereka juga memperingatkan warga terhadap jalan yang tertutup es, gangguan lalu-lintas, serta longsoran di daerah bersalju.(ADO)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.