Sukses

Domba "Nikahi" Rusa di Hari Valentine

Changmao dan Chunzi menikah di kebun binatang di Selatan Cina tepat pada perayaan Hari Valentine 14 Februari.

Liputan6.com, Beijing: Sepasang kekasih, Changmao adalah Chunzi, menikah di kebun binatang di Selatan Cina tepat pada peringatan Hari Valentine 14 Februari. Situs BBC baru-baru ini mewartakan, pihak pengelola kebun binatang akhirnya menikahkan seekor domba jantan dan rusa betina yang telah bersama di Yunnan Wild Animal Park, Cina, sejak 2 Desember 2011.

Hubungan antara Changmao si domba jantan dan Chunzi si rusa betina itu telah membuat mereka populer di kalangan publik. Pasangan itu sebenarnya secara paksa telah dipisahkan tahun lalu, namun mereka akhirnya bersatu kembali.

Menurut sebuah harian di Cina, mereka yang ingin menyaksikan acara pernikahan di kebun binatang di kota Kunming Provinsi Yunnan itu dapat membeli tiketnya di lokasi pernikahan digelar. Setidaknya 500 tiket seharga Rp 91 ribuan akan disiapkan pihak pengelola. Pada acara tersebut hewan-hewan itu direncanakan akan mengenakan "pakaian pengantin".

Meski demikian Changmao ternyata tak setia pada Chunzi. Sebelum pernikahannya itu ia telah menjadi ayah dari seekor anak domba, dengan domba betina lain di kebun binatang itu. Itulah mengapa sebelumnya pengelola kebun binatang memutuskan untuk memisahkan domba jantan dan rusa betina itu pada November tahun lalu.

Namun, ketika penjaga kebun binatang menempatkan Changmao bersama anak domba dan domba betina itu, ia justru menjadi kasar terhadap domba-domba tersebut. Sementara Chunzi terlihat sedih karena sering berada dekat pagar untuk memperhatikan Changmao. Akhirnya domba jantan dan rusa betina itu kembali dibesarkan bersama-sama dalam satu kelompok di sebuah taman di kebun binatang.

"Kami menempatkan mereka bersama-sama karena mereka semua herbivora," kata Liu Gencheng, seorang pejabat taman.

Petugas kebun binatang telah memperhatikan bahwa kedua hewan itu saling menyayangi terhadap satu sama lain, Chunzi terlihat sering menjilati rambut Changmao dan Changmao suka menyerang rusa jantan yang berani mendekatinya. Pasangan ini menjadi terkenal setelah sebuah stasiun TV lokal setempat menayangkan sebuah liputan tentang mereka.

Nama dari kedua pasangan beda jenis ini masing-masing memiliki arti di Cina, Changmao berarti rambut panjang dan Chunzi berarti murni. Para ilmuwan menyarankan masyarakat untuk tidak menempatkan hubungan hewan tersebut kepada kehidupan manusia yang berpasangan.(TNT/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini