Sukses

Bisnis Exxon Mobil Dirampingkan

Maraknya mobil hemat energi memaksa Exxon Mobil melakukan perampingan bisnis dengan menjual beberapa sahamnya melalui anak perusahaan Jepang.

Liputan6.com, Tokyo: Perusahaan minyak raksasa Amerika Serikat, Exxon Mobil belum lama ini melakukan perampingan bisnis di Tokyo, Jepang.  Hal ini disebabkan semakin populernya kendaraan hemat bahan bakar, hingga menyebabkan penurunan jumlah permintaan bensin di negara tersebut.
 
Seperti diberitakan NHK belum lama ini, Exxon Mobil juga mulai mengurangi sahamnya di Tonen General, sebuah kilang utama Jepang. Padahal Exxon Mobil saat ini memiliki saham mayoritas sebesar lebih dari 50 persen pada Tonen melalui anak perusahaan Jepang. Namun perusahaan AS itu memutuskan akan menjual sekitar 30 persen sahamnya di anak perusahaan untuk Tonen General sekitar 4 miliar dolar.

Penjualan tersebut akan membuat Exxon Mobil hanya memiliki saham sekitar 20 persen. Meski demikian, Wakil Presiden Exxon Mobil Sherman Glass mengatakan pada konferensi pers bahwa perusahaan tidak memiliki niat untuk menarik diri dari pasar Jepang. Tonen General pun saat ini masih akan mengoperasikan SPBU yang dijalankan oleh anak perusahaan Exxon Mobil.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini