Sukses

Liga Arab Tunda Misi Pemantauan Suriah

Liga Arab telah menangguhkan untuk sementara waktu misi pemantauan di Suriah. Ini karena kondisi keamanan yang kian memburuk di negara tersebut.

Liputan6.com, Damaskus: Liga Arab untuk sementara waktu menangguhkan misi pemantauan di Suriah. Ini karena kondisi keamanan yang kian memburuk di negara tersebut. Sekretaris Jenderal Liga Arab, Nabil el-Arabi, juga mengumumkan pihaknya telah memerintahkan seluruh pengamat untuk menghentikan semua kegiatan demi keselamatan mereka.

Seperti dikutip NHK, Ahad (29/1), el-Arabi juga mengecam pemerintahan Presiden Bashar al-Assad atas peningkatan aksi kekerasan. Ia mengatakan, banyak warga tak berdosa yang terbunuh dalam bentrokan antara pasukan pemerintah dan pasukan pemberontak.

Menurut salah satu kelompok hak asasi manusia di Suriah, pihak militer dan pasukan keamanan telah meningkatkan penindasan terhadap demonstran antipemerintah pada hari-hari terakhir. Menurut mereka, setidaknya 102 orang tewas pada 27 Januari lalu.

El-Arabi juga berencana mengunjungi markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, Senin esok. Ia akan meminta dukungan Dewan Keamanan untuk mendesak Presiden Assad agar menyerahkan kekuasaan kepada wakilnya dalam waktu dua bulan.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.