Sukses

Jepang Diguncang Gempa 5,5 SR

Gempa berkekuatan 5,5 skala richter mengguncang timur Jepang pada Sabtu pagi. Hingga kini belum ada laporan mengenai korban cedera atau kerusakan.

Liputan6.com, Tokyo: Untuk kali kesekian gempa mengguncang Jepang. Gempa berkekuatan 5,5 skala Richter dikabarkan mengguncang timur Negeri Sakura, Sabtu (28/1) pagi. Gempa yang terjadi pukul 7.43 waktu setempat itu juga dirasakan di Tokyo.

Hingga kini belum ada laporan mengenai korban cedera atau kerusakan. Peringatan tsunami juga tak dikeluarkan pihak berwenang. Menurut Badan Meteorologi Jepang, pusat gempa diperkirakan berada pada 20 kilometer di bawah permukaan bumi, di Yamanashi prefektur, sebelah barat Tokyo.

Gempa merupakan hal yang umum di Jepang karena negara tersebut merupakan salah satu daerah seismik paling aktif di dunia. Negara ini juga menyumbang sekitar 20 persen gempa dunia yang memliki kekuatan mencapai 6 SR atau lebih.

Pada 11 Maret 2011, pantai timur laut dilanda gempa berkekuatan 9 SR. Gempa tersebut dnyatakan sebagai gempa terkuat di Jepang yang disertai tsunami besar. Gempa juga memicu krisis terburuk nuklir dunia dalam 25 tahun sejak Chernobyl. Akibat bencana tersebut, sedikitnya 23.000 orang tewas atau hilang.(Zeenews/BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini