Sukses

Gingrich Menang di South Carolina

Newt Gingrich unggul dalam pemilihan awal calon presiden Partai Republik di South Carolina. Gingrich memperoleh 40 persen suara mengungguli Mitt Romney yang mendapat 28 persen.

Liputan6.com, Carolina: Newt Gingrich unggul dalam pemilihan awal calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik di South Carolina. Hal ini membuat persaingan dalam memperebutkan posisi calon presiden AS dari Partai Republik kian panas. Seperti dikutip dalam laman BBC, baru-baru ini, Kemenangan ini merupakan hasil penampilan cemerlang Gingrich dalam debat terbuka antara capres Republik.

Gingrich memperoleh 40 persen suara mengungguli Mitt Romney yang mendapat 28 persen. Sementara kandidat lainnya, seperti mantan senator Pennsylvania, Rick Santorum, hanya meraih 17 persen suara serta perwakilan Texas, Ron Paul, memperoleh 13 persen suara.

Tidak lama setelah pemungutan suara, Gingrich menulis di akun Twitternya: "Terima kasih South Carolina yang telah membantu saya!" Kemudian, dalam pidato kemenangannya, Gingrich menyatakan terima kasih atas dukungan yang diberikan.

Kemenangan Gingrich cukup mengagetkan. Sebab, pada pemilihan awal sebelumnya di New Hampshire, Gingrich berada pada posisi keempat. Beberapa pengamat politik mengatakan, kemenangan Gingrich di South Carolina merupakan pertanda bagus bagi dirinya.

Pada pemilihan pendahuluan sebelumnya di Iowa, kandidat yang menang adalah Rick Santorum. Sedangkan, Romney menang di New Hampshire. Dan baru-baru ini, South Carolina diungguli oleh Gingrich.(BBC/BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini