Sukses

Iran Kembalikan Pesawat AS dengan Mainan

Iran berencana mengembalikan pesawat siluman AS dengan pesawat pesawat mainan.

Liputan6.com, Teheran: Pertegangan Sengit antara Amerika Serikat dan Iran masih berlanjut. Setelah pesawat siluman AS RQ-170 Sentinel jatuh ke tangan Iran pada Desember silam, terjadi berbagai konflik dingin antar kedua negara.

Iran mengklaim bahwa pesawat tersebut jatuh ditembak oleh pasukan Garda Revolusi Iran lantaran melanggar kedaulatan kekuasaan Iran. Sementara, AS membantah dengan menyatakan bahwa pesawatnya itu jatuh akibat gangguan teknis.

Belum sampai disitu, Iran dikabarkan membongkar dan menguak sejumlah rahasia yang ada di RQ-170 Sentinel tersebut. [baca: Para Ahli Iran Taklukkan Pesawat Tak Berawak]. Kemudian, AS meminta agar pesawat tersebut dikembalikan. Namun, menurut laporan radio lokal Iran, Selasa (17/1) negara Persia tersebut malah berencana mengembalikan pesawat tersebut dengan pesawat mainan. Demikian yang dilansir dalam laman cbsnews.

Mainan replika pesawat RQ-170 Sentinel yang kini dijual di Iran seharga US $ atau sekitar Rp 36 ribu tersebut akan dikirim ke Washington DC. Menurut pemerintah Iran, ukuran pesawat mainan tersebut delapan puluh kali lebih kecil dari versi aslinya. (MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.