Sukses

Aksi Teror Landa Kaum Syiah

Sekitar 13 orang tewas dan 20 luka-luka dalam ledakkan bom terhadap umat Islam Syiah yang sedang merayakan hari wafatnya cucu Nabi Muhammad SAW, Imam Husain.

Liputan6.com, Islamabad: Gejolak antara umat beragama di Pakistan terus berlanjut. Sekitar 13 orang tewas dan 20 luka-luka dalam ledakan bom terhadap umat Islam Syiah yang sedang merayakan hari wafatnya cucu Nabi Muhammad SAW, Imam Husain. Demikian dilansir Voanews, Ahad (15/1).

Inspektur Polisi Suhail Zafar menyatakan, polisi belum mengetahui pasti pelaku dan penyebab ledakan. "Saat ini kami belum tahu pasti dan masih melakukan penyelidikan lebih lanjut tentang asal usul dan pelaku bom," ujar Zafar.

Ledakan yang terjadi di Kota Rahim Yar Khan, Provinsi Punjab, ini merupakan kesekian kalinya. Sebelumnya pernah terjadi ledakan yang menargetkan umat Syiah di kota besar Pakistan yang menewaskan setidaknya 80 penganut Syiah.

Selain itu, ledakan bom beruntun di Kabul dan di kota Mazar-i-Sharif tahun lalu telah memicu kekhawatiran bahwa Afghanistan kembali dilanda gejolak besar antara umat Islam Syiah dengan Sunni. Pada 1980 silam, terjadi bentrokan antar kedua golongan yang mengakibatkan 4.000 orang tewas.

Populasi penduduk Pakistan didominasi kaum Sunni. Kaum Syiah hanya berjumlah 20 persen dari sekitar 160 juta penduduk Pakistan.(Voanews/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.