Sukses

Sejumlah Pemimpin Dunia Hadiri Pemakaman Vaclav Havel

Di pemakaman tokoh fenomenal Ceko, Vaclav Havel, sejumlah pemimpin dunia memberikan penghormatan terakhir. Seperti dilaporkan BBC, sejumlah pemimpin telah berkumpul di ibukota Ceko, Praha, Jumat (23/12) siang, untuk menghadiri pemakaman Havel.

Liputan6.com, Praha: Di pemakaman tokoh fenomenal Ceko, Vaclav Havel, sejumlah pemimpin dunia akan memberikan penghormatan terakhir. Seperti dilaporkan BBC, sejumlah pemimpin telah berkumpul di ibukota Ceko, Praha, Jumat (23/12) siang waktu setempat, untuk menghadiri pemakaman Havel.

Di antara para pelayat, hadir Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton dan suaminya, Bill Clinton. Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dan Perdana Menteri Inggris David Cameron juga terlihat. Tampak pula tokoh gerakan buruh Polandia, Lech Walesa.

Pemakaman akan berlangsung di Katedral St Vitus, dipimpin Uskup Agung Praha, Dominik Duka. Mantan Menteri Luar Negeri AS, Madeleine Albright, yang lahir di Praha, menyampaikan sambutan.

Havel, yang memimpin penggulingan komunisme di 1989, meninggal pada Ahad lalu di usia 75 tahun. Di antara para pelayat, hadir Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton dan suaminya, Bill Clinton. Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dan Perdana Menteri Inggris David Cameron juga terlihat. Tokoh gerakan buruh Polandia, Lech Walesa, juga tampak.

Jenazah Havel telah berada di peti mati di Praha sejak Rabu. Ribuan orang mengantre untuk memberikan penghormatan terakhir. Publik bisa mengikuti proses pemakaman pada layar besar di Kastil Praha dan di Hradcany Square.(BBC/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini