Sukses

Bentrokan di Mesir Tewaskan Dua Demonstran

Dua orang tewas dan 220 lainnya terluka dalam bentrokan antara tentara dan demonstran di Kairo, Mesir. Peristiwa ini kali pertama dalam kerusuhan politik sejak pemilihan parlemen Mesir pada November.

Liputan6.com, Kairo: Dua orang tewas dan 220 lainnya terluka dalam bentrokan antara tentara dan demonstran di Kairo, Mesir. Peritiwa kematian ini merupakan yang pertama, dalam kerusuhan politik sejak pemilihan parlemen Mesir pada November silam.

Seperti dilaporkan situs NHK, Sabtu (17/12), pengunjuk rasa yang emosi berkumpul di luar gedung Kabinet pada Jumat kemarin. Pasukan militer pun berusaha memecah barisan pengunjuk rasa yang menduduki halaman luar gedung kabinet, selama lebih dari dua pekan.

Namun demonstran yang kian emosi, malah melemparkan batu ke pasukan dan membakar mobil. Pasukan militer menyerang balik dengan melemparkan meriam air. Tak tanggung-tanggung, pasukan menembak demonstran hingga mengenai dua orang. Dua pengunjuk rasa itu pun tewas.

Sebelum pemilu sebulan silam, lebih dari 40 orang tewas dalam bentrokan antara pasukan keamanan nasional dan demonstran untuk menentang kekuasaan militer. Awal bulan ini, penguasa militer Mesir mengatakan mereka akan menyerahkan beberapa kekuasaan mereka ke kabinet baru negara itu [baca: Mesir Siap Gelar Pemilu Putaran Kedua]. Namun publik pun marah akibat kelambanan demokratisasi yang tak menunjukkan tanda-tanda perubahan.(NHK/TNT/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini