Sukses

Gempa 7,3 SR Guncang Turki Timur

Gempa berkekuatan 7,3 skala Richter melanda kawasan timur Turki. Setidaknya dua bangunan ambruk di pusat kota timur Van akibat gempa ini.

Liputan6.com, Ankara: Gempa berkekuatan 7,3 skala Richter (SR) melanda kawasan timur Turki, Ahad (23/10). Menurut wali kota setempat, gempa tersebut juga menyebabkan setidaknya dua bangunan ambruk di pusat kota timur Van.

Laman Associated Press mewartakan, Badan Survei Geologi AS atau USGS mengatakan, gempa melanda timur Turki pada pukul 13.41 waktu setempat. Gempa memiliki kedalaman 7,2 kilometer (4,5 mil) yang dangkal dan berpotensi menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Sementara itu, Observatorium Gempa Kandilli melaporkan, awalnya gempa mengguncang dengan kekuatan 6,6 SR dengan kedalaman 5 kilometer. Kemudian, beberapa kali gempa susulan sekuat 5,5 SR kembali mengguncang kawasan tersebut. Pusat gempa berada di desa Tabanli di bagian timur provinsi Van, yang berbatasan dengan Iran.

"Dua bangunan runtuh di Van, sistem telepon juga mati dikarenakan kepanikan warga dan kita belum bisa menilai kerusakan secara keseluruhan segera," kata Bekir Kaya, Walikota Van, seperti dikutip saluran televisi NTV.

"Ada banyak korban tewas. Beberapa gedung ambruk dan banyak kerusakan," kata Zulfikar Arapoglu, Walikota Ercis. "Kami memerlukan bantuan mendesak, kita juga memerlukan tenaga medis."

Menurut kantor berita milik negara Anatolia, petugas penyelamat sedang mencoba untuk menjangkau para korban yang diyakini terperangkap di bawah reruntuhan gedung tujuh lantai di Van, dekat perbatasan Iran.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.