Sukses

Ditemukan Studio Seni Tertua di Dunia

Para arkeolog menemukan studio seni tertua berusia 100 ribu tahun di Afrika Selatan. Para arkeolog menemukan dua kerang penuh pigmen yang terbuat dari oker.

Liputan6.com, Cape Town: Para arkeolog, Jumat (14/10), mengumumkan penemuan studio seni tertua di dunia. Tempat kesenain prasejarah itu ditemukan di sebuah gua kecil di tepi Samudera Hindia sekitar 180 mil timur dari Cape Town, Afrika Selatan. Dengan menggunakan teknik isotop radioaktif, para arkeolog memperkirakan usia studio itu sekitar 100 ribu tahun.

Dalam gua itu, para arkeolog menemukan dua kerang penuh pigmen yang terbuat dari oker. Benda itu merupakan semacam batu yang kaya akan senyawa besi yang biasanya memberikan warna cat merah atau kuning yang biasa digunakan pada zaman prasejarah. Temuan itu juga termasuk beberapa alat batu tajam awal, serta bukti akan adanya alat menangkap ikan.

"Secara umum kita menemukan pigmen. Tapi Anda tidak akan pernah menemukan wadah dengan residu di studio tersebut. Kami mempelajari mikroskopis semua elemen dalamtemuan itu," kata Francesco d'Errico, arkeolog dari Universitas Bordeaux, Perancis.(IAN/Xinhua)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini