Sukses

Taliban Serang Kedutaan AS di Kabul

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Afghanistan diserang oleh kelompok Taliban. Markas NATO pun juga menjadi incaran para militan tersebut.

Liputan6.com, Kabul: Kedutaan Besar Amerika Serikat di Kabul, Afghanistan, diserang oleh kelompok militan Taliban, Selasa (13/9) petang waktu setempat. Mereka melesakkan roket ke arah bangunan tersebut setelah merebut sebuah bangunan yang berada di bawah konstruksi dan terletak di dekat kedutaan. Beruntung, serangan tersebut tidak mengakibatkan jatuhnya korban.

Seorang polisi Afghanistan mengungkapkan, para penyerang diperkirakan membidik Kedutaan AS dan markas dekat Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) yang dipimpin Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO.

Serangan oleh kelompok militan itu dikhawatirkan akan terjadi lagi di masa mendatang. Hal itu berdasarkan keterangan yang diungkapkan oleh juru bicara Taliban. Ia mengatakan, rekan-rekan mereka melancarkan serangan simultan terhadap Kedubes AS, markas ISAF, serta bangunan milik pasukan keamanan Afghanistan.

Taliban belakangan ini memang secara intensif melancarkan operasi di Kabul yang tingkat keamanannya dianggap relatif stabil dibandingkan dengan daerah pedesaan. Kejadian itu memang bukan yang pertama kali terjadi.

Sebelumnya, Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan di British Council Afghanistan yang menyebabkan delapan orang tewas [baca: Taliban Bertanggung Jawab Serangan di British Council].(ANS/NHK)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini