Sukses

Memorial 9/11 Resmi Dibuka untuk Umum

Memorial Nasional 11 September di New York City resmi dibuka untuk umum sekaligus menandai pertama kalinya publik dibolehkan memasuki area World Trade Center setelah serangan 2001 lalu.

Liputan6.com, New York: Memorial Nasional 11 September di New York City resmi dibuka untuk umum, Senin (12/9). Pembukaan ini sekaligus menandai pertama kalinya dalam 10 tahun publik dibolehkan memasuki area World Trade Center setelah serangan teroris pada 2001 lalu.
 
Seperti dilansir Xinhua, Memorial yang dipenuhi pepohonan itu terletak di kawasan kaki gedung bekas World Trade Center dan berpusat pada kolam berukuran sekitar dua hektare. Dengan dihiasi air terjun buatan dipinggir kolam, nama-nama korban tewas dalam serangan itu ditulis di panel perunggu.
 
Para pejabat kota, termasuk Wali Kota New York Michael Bloomberg, bersama orang-orang yang membantu mendesain memorial itu turut hadir dalam menyambut pengunjung pertama. "Warga New York, Amerika dan di seluruh dunia kini memiliki tempat yang indah, bermartabat untuk menghormati jasa seluruh 983 korban dalam serangan tragis 9/11," kata Bloomberg pada pembukaan upacara.
 
Sebelumnya, memorial itu sudah dibuka pada Ahad untuk memperingati 10 tahun serangan 11 September bersama keluarga-keluarga korban. Sekitar 7.000 orang sudah mendaftar online untuk memesan tiket gratis pada hari pembukaan itu, dan 400 ribu lainnya sudah mendaftar untuk bulan-bulan mendatang.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.