Sukses

California Larang Konsumsi Sirip Hiu

Sup Sirip Hiu akan menjadi barang langka di California. Pasalnya, RUU yang berisi larangan untuk mengonsumsi telah disetujui oleh legislatif negara bagian tersebut, Selasa (7/9).

Liputan6.com, California: Sup Sirip Hiu akan menjadi barang langka di California. Pasalnya, RUU yang berisi larangan untuk mengonsumsi telah disetujui oleh legislatif negara bagian tersebut, Selasa (7/9).

Pemungutan suara yang hasil akhirnya menunjukkan angka 25-9, menjadi penanda resminya RUU tersebut. RUU juga berisi larangan untuk memperjual-belikan bahan utama dalam hidangan sup yang telah lama menjadi bagian dari budaya Cina itu. Larangan ini akan berlaku efektif mulai 1 Januari 2013.

"RUU ini sangat penting bagi laut kita. Predikat pasar terbesar yang melekat pada kami yang memicu terjadinya pembantaian pada hiu," kata anggota senat dari San Diego, Chris Kehoe.

Kabar baik ini pun disambut gembira oleh para pendukungnya. Mereka di antaranya adalah aktor Leonardo DiCaprio, juga beberapa koki selebriti dari Asia. RUU ini diajukan setelah timbulnya kekhawatiran akan populasi hiu yang jumlahnya semakin mengkhawatirkan. California yang merupakan rumah dari warga keturunan Cina yang mencapai 1,1 juta dan merupakan salah satu pasar terbesar sirip hiu di luar Asia.

Kebijakan yang sama juga telah diambil oleh negara bagian dari Hawaii, Oregon, dan Washington. Presiden AS Barack Obama pun telah menandatangani undang-undang pengetatan larangan memancing hiu di perairan federal. (Reuters)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini