Sukses

Langit Moskow Bertabur Cahaya Warna-warni

Kilauan cahaya indah dari cahaya warna-warni menandai HUT ke-864 Kota Moskow, Rusia. Alhasil, pertunjukan ini tercatat menjadi rekor baru di Buku Rekor Dunia Guinness.

Liputan6.com, Moskow: Kilauan cahaya indah dari cahaya warna-warni menandai Hari Ulang Tahun ke-864 Kota Moskow, Rusia. Pertunjukan cahaya ini diproyeksikan pada bangunan utama Universitas Nasional Moskow, seluas 25.500 meter persegi pada Senin (5/9). Alhasil, atraksi cahaya ini tercatat menjadi rekor baru di Buku Rekor Dunia Guinness.

Warga Australia, David Atkins, adalah pria di balik kemeriahan ini. Ia menghabiskan enam bulan untuk menciptakan struktur baja besar dan menyambung 81 proyektor hingga bisa menghasilkan cahaya menakjubkan ini.

Ada sekitar 100 ribu orang menghadiri pertunjukan cahaya ini. Puncak acara cahaya warna-warni ini disuguhkan ledakan 5.000 kembang api yang mewarnai indahnya malam di Kota Moskow.

Seperti dilansir laman Wikipedia, Moskow atau Moskwa adalah ibu kota Federasi Rusia. Nama kota ini diambil dari nama sungai yang mengalir membelah kota tersebut. Berdasarkan Sensus 2010, Moskow memiliki penduduk sebanyak 11,5 juta jiwa.

Kota ini pertama kali disebut keberadaannya pada 1147. Sebelumnya, Moskow juga pernah menjadi ibu kota Ketsaran Rusia hingga dipindahkan oleh Peter yang Agung pada masa Kekaisaran Rusia ke St. Petersburg, sebuah kota baru yang dibangun di daerah tepi Laut Baltik yang direbut dari Swedia setelah kalah perang melawan Rusia.

Pasca-Revolusi Bolshevik pada Oktober 1917, atas prakarsa Vladimir Lenin, Moskow kembali menjadi ibu kota Rusia sekaligus Uni Soviet sejak 1922-1991. Adapun Kremlin dan Katedral Santo Basil merupakan simbol kota ini.(ANS/Telegraph/Wikipedia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini