Sukses

Panggil Dubes, Obama Bahas Suriah

Presiden Barack Obama memanggil Duta Besar AS untuk Suriah, Robert Ford. Dalam pertemuan ini, Obama kembali mengingatkan tindakan keras pemerintah Suriah terhadap para demonstran.

Liputan6.com, Washington DC: Presiden Amerika Serikat Barack Obama memanggil Duta Besar AS untuk Suriah, Robert Ford, Senin (1/8) silam. Dalam pertemuan ini, Obama kembali mengingatkan tindakan keras pemerintah Suriah terhadap para demonstran. Demikian diungkapkan pihak Gedung Putih, baru-baru ini [baca: Obama Salahkan Pemerintah Suriah].

Obama mengambil kesempatan untuk membahas masalah Suriah dengan Robert Ford. Saat itu, sang dubes berada di Washington DC untuk bertemu dengan para senator dan sejumlah pejabat senior AS.

Di hadapan peserta rapat, selain melontarkan kecaman keras terhadap pemerintah Damaskus, Obama juga menyatakan kembali dukungan AS terhadap warga Suriah yang dianggap pemberani. Terutama, permintaan mereka akan persamaan hak serta perubahan pemerintahan yang demokratis.

Gedung Putih geram terhadap banyaknya korban jiwa dalam bentrokan antara pasukan militer dan para demonstran di pusat Kota Hama, Ahad silam. Menurut organisasi hak asasi manusia Suriah, bentrokan itu dilaporkan menewaskan sedikitnya 121 orang [baca: Jelang Ramadan, 121 Tewas di Suriah].

Kabar terakhir dari media setempat menyebutkan, sedikitnya 79 warga Suriah dikabarkan tewas oleh petugas keamanan pada Ahad lalu atau sehari menjelang Ramadan. Pada hari yang sama, Obama berjanji bahwa AS akan melanjutkan aksinya untuk menekan pemerintahan Suriah yang dipimpin Presiden Bashar al Assad.(ANS/Xinhua)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini