Sukses

Naskah Langka Jane Austen Dilelang

Naskah penulis Inggris Jane Austen terjual dengan tiga kali lipat dari perkiraan. Dalam lelang di London, belum lama ini, naskah langka tersebut laku dengan harga £ 993.250 atau sekitar Rp 13 miliar.

Liputan6.com, London: Naskah penulis Inggris Jane Austen terjual dengan tiga kali lipat dari perkiraan. Dalam lelang di London, belum lama ini, naskah langka tersebut laku dengan harga £ 993.250 atau sekitar Rp 13 miliar. Rumah lelang Sotheby's semula menaksir naskah novel berjudul The Watsons yang belum rampung tadi akan laku dengan harga antara £ 200.000 dan £ 300.000.

Austen diduga menulis novel yang bertutur tentang seorang wanita muda yang pulang ke rumah ayahnya setelah dibesarkan oleh bibinya yang kaya raya, pada 1804. Naskah tersebut dinilai sangat penting, sebab sedikit sekali manuskrip novel Austen yang masih bertahan. Demikian dilansir BBC Indonesia, Kamis (14/7)

Gabriel Heaton dari Sotheby's mengatakan naskah The Watsons "sangat informatif" mengingat manuskrip tersebut sudah bisa dikatakan draf yang sudah matang. Setiap halaman dalam naskah tersebut padat dengan coretan, revisi, dan tulisan tambahan yang disisipkan di sela-sela barisan tulisan.

Sepanjang kariernya sebagai penulis Janes Austen menerbitkan enam novel, termasuk Pride and Prejudice yang sudah berulang kali diadaptasi ke layar lebar. Dia meninggal dunia 1817 pada usia 41.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.