Sukses

Serangan Empat Hari Tewaskan 42 Militan

Serangan militer dari darat dan udara selama empat hari di kawasan perbatasan yang menjadi basis pertahanan kaum militan Afghanistan menewaskan sedikitnya 42 orang.

Liputan6.com, Peshawar: Serangan militer dari darat dan udara selama empat hari di kawasan perbatasan yang menjadi basis pertahanan kaum militan Afghanistan menewaskan sedikitnya 42 orang dari kelompok gerilyawan dan tentara. Informasi ini disampai sejumlah pejabat Pakistan, Jumat (8/7).

"Kami telah membersihkan daerah-daerah Jawaki, Mantao, dan Sarkat di Kurram tengah selama operasi empat hari di wilayah itu," kata seorang pejabat keamanan kepada AFP.

Pemerintah mengklaim telah menewaskan sedikitnya 42 dari kelompok militan dan melukai ratusan gerilyawan lainnya. Tentang jumlah korban meninggal dari kelompok militan itu masih simpang siur.

"Sedikitnya 40 militan tewas dalam serangan pasukan. Perlawanan militan terhadap militer sangat terbatas," kata Shahab Ali Shah, seorang pejabat pemerintah daerah setempat.

Menurut Shahab, akibat serangan militer di Kurram tersebut sedikitnya 500 keluarga dengan sekitar 28.000 orang mengungsi mencari tempat perlindungan yang aman.

Kurram merupakan sebuah kawasan suku yang kian sering digunakan sebagai tempat persembunyian kaum militan terkait Al-Qaida yang sebagian anggotanya merupakan pelarian dari Waziristan utara. Mereka lari dari serangan pesawat tanpa awak AS. Waziristan adalah basis Taliban dan kelompok militan Al-Qaida. Kawasan suku Pakistan, terutama Bajaur, dilanda kekerasan sejak ratusan Taliban dan gerilyawan Al-Qaida melarikan diri ke wilayah itu. (ANT/AFP/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.