Sukses

AS-Cina Bahas Ketegangan di Laut Cina Selatan

Perwakilan kedua negara itu mengadakan pembicaraan resmi pertama mereka untuk membahas masalah-masalah teritorial di antara Cina dan negara-negara Asia Tenggara.

Liputan6.com, Honolulu: Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Kurt Campbell mendesak Cina menghindari menambah ketegangan di Laut Cina Selatan. Hal itu disampaikan langsung oleh Campbell saat bertemu dengan Wakil Menlu Cina Cui Tiankai di Universitas Hawaii di Honolulu pada Ahad (26/6) kemarin.

Perwakilan kedua negara itu mengadakan pembicaraan resmi pertama mereka untuk membahas masalah-masalah teritorial di antara Cina dan negara-negara Asia Tenggara. Kepada wartawan, Campbell juga meminta Cina berupaya mengurangi ketegangan dengan negara-negara Asia Tenggara. Ia sekaligus menyerukan Cina menahan diri dalam sengketa teritorial di Laut Cina Selatan.

Selain itu, Campbell mengatakan kepada Cina bahwa AS akan berupaya mewujudkan penyelesaian damai melalui perundingan multilateral dengan seluruh negara yang terlibat. AS juga berencana akan membawa isu teritorial maritim tersebut ke ASEAN Regional Forum yang digelar di Indonesia pada bulan depan.(ANS/NHK)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini