Sukses

10 Makanan Ini Bisa Bikin Kamu Bahagia, Siap Mencoba?

Kamu bisa mencoba 10 makanan ini untuk memperbaiki suasana hati kamu. Siap mencoba?

Liputan6.com, Jakarta - Mengonsumsi makanan favorit menjadi salah satu cara untuk menghapus kesedihan. Namun, banyak makanan yang rasanya enak tapi sebenarnya tak baik untuk kesehatan kita, sebut saja makanan cepat saji.

Makanan cepat saji banyak mengandung karbohidrat, gula, dan juga lemak jenuh. Bukannya memperbaiki suasana hati, makanan tersebut malah bisa bikin mood kita runyam.

Meski demikian, mengonsumsi karbohidrat tetap diperlukan tubuh. Bahkan, zat itu juga bisa membantu kita bahagia, asalkan kita mengolah dan mengonsumsinya dengan tepat.

Seorang chef yang juga merupakan editor International Journal of Gastronomy and Food Science, Josef Youssef, mengatakan bahwa karbohidrat bukanlah musuh bagi tubuh, terutama jika dikombinasikan dengan sayuran hijau.

"Ada hubungan ilmiah yang jelas antara makanan yang kita makan dengan suasana hati kita. Telah sering dikatakan bahwa keberagaman mewarnai hidup, jadi mengonsumsi makanan yang kaya dan beragam dapat membuat pikiran dan tubuh kita senang," ujar Youssef.

Seperti dikutip dari Hindustan Times, Jumat (23/3/2018), berikut 10 makanan yang bisa membuat kita senang, seperti dikatakan Youssef dan Uber Eats.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1-5

1. Ubi

Karbohidrat kompleks dalam ubi bermanfaat untuk memproduksi serotonin, yang juga dikenal sebagai zat 'bahagia'. Dibanding memesan kentang goreng, pilih ubi panggang, bukan goreng.

2. Salmon

Selain membantu perkembangan otak, omega-3 pada salmon dikenal dapat mengurangi stres. Mengolah salmon pun cukup mudah, dengan menaburinya dengan bawang, garam, dan lemon, ikan kaya zat baik itu pun siap untuk disantap.

3. Kale

Pati kompleks yang terkandung dalam kale merupakan sumber serotonin yang baik. Karbohidrat kompleks merupakan zat terbaik untuk memproduksi serotonin tanpa menyebabkan lonjakan besar dalam gula darah.

4. Pisang

Kaya akan antioksidan, vitamin, dan probiotik, pisang membantu proses pencernaan, yang secara langsung memengaruhi mood kita. Pisang membantu kerja bakteri usus, yang dikaitkan dengan mengurangi depresi.

5. Blueberry

Buah beri berwarna ungu ini mengandung antioksidan khusus yang disebut karotenoid dan senyawa antioksidan lain seperti vitamin A, C, E, seleniumm, seng, dan fosfor. Antioksidan diketahui dapat menghilangkan stres.

 

3 dari 3 halaman

6-10

6. Daging Merah

Daging merah merupakan sumber triptofan yang baik, di mana zat tersebut membantu produksi serotonin. Daging merah juga kaya akan Vitamin B12, yang turut membantu meningkatkan mood.

7. Mangga

Warna, rasa, dan harum mangga sangat lekat dengan hal-hal yang membuat bahagia. Buah tropis itu ternyata juga kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral.

8. Cokelat

Makanan favorit bagi banyak orang ini kaya akan antioksidan yang membantu melepaskan hormon bahagia.

9. Kenari

Kacang yang bentuknya mirip dengan otak itu, dikenal bermanfaat bagi orang karena kaya akan antioksidan, vitamin E, asam folat, dan omega-3.

10. Kimchi

Kimchi merupakan makanan bercita rasa asam yang kaya akan probiotik. Makanan fermentasi itu juga kaya akan asam laktat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.