Sukses

Sampah Plastik di Samudra Pasifik Semakin Mengancam Kelestarian Laut

Jumlah sampah plastik yang mengambang di Samudra Pasifik semakin menumpuk, dan mengancam kelestarian laut.

Liputan6.com, Deft - Menurut sebuah laporan ilmiah terbaru, jumlah sampah plastik yang mengambang di perairan Samudra Pasifik kian mengkhawatirkan.

Diprediksikan sekitar 80.000 ton sampah plastik menumpuk di sebuah wilayah besar di antara California dan Hawaii.

Dilansir dari BBC pada Jumat (23/3/2018), jumlah tersebut konon enam belas kali lebih tinggi dari jumlah yang dilaporkan setahun sebelumnya.  

"Konsentrasi plastik meningkat, dan saya pikir situasinya semakin buruk," kata Laurent Lebreton dari The Ocean Cleanup Foundation di Delft, Belanda, yang memimpin penelitian.

"Ini benar-benar sangat mendesak untuk segera diambil tindakan nyata, membersihkan tumpukan sampah plasti di lautan," lanjutnya.

Menurut para peneliti, kumpulan sampah plastik ditemukan di lima wilayah perairan samudera di seluruh dunia. Namun, hanya di area laut antara California dan Hawaii di Pasifik Utara, yang memiliki konsentrasi tertinggi.

Para peneliti menggunakan perahu dan pesawat untuk memetakan daerah ini di Pasifik Utara, di mana arus dan angin berputar menyebabkan sampah laut, termasuk plastik, rumput laut dan plankton, berkumpul.

Upaya pemetaan selama tiga tahun terakhir, menunjukkan bahwa polusi laut yang disebabkan sampah plastik, telah meningkat secara eksponensial pada tingkat yang lebih cepat dari sebelumnya.

Mikroplastik menyumbang delapan persen dari total sampah plastik yang mengapung di area seluas 1,6 juta kilometer persegi.

Dari sekitar 1,8 triliun sampah plastik yang bertebaran di perairan samudra, beberapa di antaranya lebih besar dari mikroplastik, termasuk jaring ikan, mainan, dan bahkan dudukan toilet.

 

Simak video tentang sampah plastik di lautan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manusia Tidak Akan Tetap Bergantung pada Plastik

Sementara itu, menurut Erik van Sebille dari Universitas Utrecht di Belanda, mengatakan bahwa temuan jumlah plastik tersebut sangat mengejutkan, sekaligus memprihatinkan.

"Para peneliti bahkan menemukan fakta bahwa pusaran sampah bergerak di lautan, lebih besar dari yang diperkirakan, sehingga hal ini sangatlah mendesak untuk segera ditangani,” ujarnya.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh van Sebille, sampah plastik yang hanyut ke laut setelah gempa bumi dan tsunami Jepang 2011, bisa mencapai 20 persen dari total akumulasi perkiraan dalam beberapa tahun terakhir.

"Setiap tahun, jutaan ton plastik masuk ke laut. Beberapa hanyut ke dalam sistem sirkulasi arus laut yang besar, yang dikenal sebagai gyres. Setelah terjebak dalam pilin, plastik akan terurai menjadi mikroplastik, yang mungkin tertelan oleh makhluk hidup di lautan luas," lanjut van Sabille menjelaskan.

Ditambahkan olehnya, manusia tidak akan lepas dari ketergantungan terhadap plastik, karena dalam beberapa hal sangat berguna untuk pengobatan, sektor manufaktur, konstruksi, dan lain sebagainya.

"Tapi saya pikir, kita harus mengalihkan cara kita menggunakan plastik, terutama dalam hal plastik sekali pakai dan benda-benda yang memiliki jangka waktu penggunaan tidak lama," tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.