Sukses

Ini 6 Fakta Mengejutkan soal Kematian yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Kapan kematian akan terjadi adalah rahasia Sang Pencipta. Namun, ada hal mengejutkan soal itu yang tak diketahui banyak orang.

Liputan6.com, New York - Kematian dan kelahiran adalah kodrat manusia. Ada yang datang dan ada pula yang pergi. Kita tak pernah tahu kapan ajal akan menjemput. Hanya Sang Pencipta yang tahu akan rahasia itu.

Kematian bisa terjadi karena faktor usia. Juga akibat penyakit seperti kanker, serangan jantung, atau wabah mematikan.

Selain itu, kematian yang disebabkan oleh pembunuhan juga sering kita simak di media massa. Ada saja laporan pembunuhan yang dipicu banyak faktor. 

Tapi tahukah Anda ada sejumlah pemicu kematian manusia yang mengejutkan. Mulai dari kesalahan dokter, kelaparan, hingga serangan hiu adalah beberapa di antaranya.

Seperti dikutip dari laman Wonderslist, Kamis (22/3/2018), berikut 6 fakta mengejutkan soal kematian yang mungkin belum Anda ketahui:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Sekitar 153 Ribu Orang Meninggal Setiap Hari

Dalam sebuah penelitian, sekitar 153 ribu orang meninggal di seluruh dunia setiap hari. 

Jika ditotal menjadi satu tahun, maka diperkirakan ada sekitar 56 juta orang yang meninggal. Selain mencatat jumlah kematian, rata-rata usia kematian juga dihitung.

Dari 3,9 miliar sampel di seluruh dunia, rata-rata orang meninggal pada usia 70 tahun.

3 dari 7 halaman

2. Tewas Gara-Gara Ikan Hiu

Salah satu hewan paling buas yang juga menjadi predator bagi manusia -- terutama mereka yang suka ke pantai -- adalah ikan hiu.

Setiap hari, rata-rata hiu membunuh 12 orang di seluruh dunia. Sementara manusia membunuh hiu sekitar 11.417 ekor setiap jam.

4 dari 7 halaman

3. 7.000 Orang Meninggal karena Salah Resep

Fakta lain soal kematian manusia rupanya disebabkan oleh dugaan kecerobohan dokter. Dalam satu tahun, sekitar tujuh ribu orang di seluruh dunia meninggal karenanya.

Kecerobohan itu berfokus pada kesalahan pemberian dosis atau resep yang ditulis tangan oleh dokter.

Kita semua tahu jika tulisan dokter itu sulit untuk dibaca, bisa jadi banyak pihak yang salah baca dan memberi dosis yang salah.

5 dari 7 halaman

4. Banyak Orang Kidal Mati Muda

Disebutkan bahwa orang-orang yang bekerja dengan tangan kiri atau kidal akan lebih besar kemungkinan meninggal di usia muda.

Tak dijelaskan lebih detail, namun jumlah orang yang meninggal di usia muda kebanyakan adalah mereka yang lebih sering mengandalkan tangan sebelah kiri.

6 dari 7 halaman

5. Mabuk Saat Berkendara

Setiap satu jam, ada saja orang yang meninggal karena kecelakaan. Kejadian ini disebabkan oleh pengemudi yang mabuk alias kebanyakan minum alkohol.

Maka dari itu berhati-hatilah, karena pengaruh alkohol bisa merugikan diri Anda sendiri.

7 dari 7 halaman

6. 20 Ribu Anak Meninggal karena Kelaparan

Gizi buruk dan kelaparan adalah permasalahan global yang hingga saat ini terjadi di sejumlah negara, terutama Afrika.

Ada data yang sangat mencengangkan yaitu, hampir 70 persen populasi di dunia berada di bawah garis kemiskinan. Bahkan masih banyak dari warga dunia yang sulit untuk mendapatkan makanan.

Hal yang jauh lebih tragis lagi adalah hampir 20 ribu anak di dunia meninggal karena kelaparan dan gizi buruk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini