Sukses

Lagi, Buku Harian Che Guevara Diterbitkan

Sebuah buku harian milik tokoh revolusi Kuba kelahiran Argentina, Ernesto 'Che' Guevara, yang sebelumnya belum pernah dipublikasikan, diterbitkan di Kuba.

Liputan6.com, Havana: Sebuah buku harian milik tokoh revolusi Kuba kelahiran Argentina, Ernesto 'Che' Guevara, yang sebelumnya belum pernah dipublikasikan, diterbitkan di Kuba. Sang janda Guevara, Aleida March, yang memutuskan untuk membawa catatan harian suaminya itu ke sebuah penerbit untuk diedit dan dipublikasikan.

Aleida mengatakan alasannya mempublikasikan catatan harian Che adalah agar semua orang memahami tokoh revolusi itu apa adanya. Buku berjudul Diary of a Combatant itu merangkum tiga tahun kampanye gerilya Che yang berbuah tumbangnya diktator Kuba Jenderal Fulgencio Batista sekaligus membawa Fidel Castro menguasai Kuba.

Penerbit buku itu mengatakan tulisan tangan Che Guevara, yang sempat sekolah kedokteran, sangat buruk sehingga butuh waktu lama untuk membaca dan memahaminya. Buku harian itu merangkum periode sejak Fidel Castro, Che Guevara, dan rekan-rekannya yang menumpang kapal layar Granma mendarat di pantai Kuba pada 2 Desember 1956 hingga berakhirnya Revolusi Kuba pada 1 Januari 1959.

Penerbit mengatakan buku ini juga menunjukkan pendapat pribadi Che tentang budaya, identitas, dan konteks politik Kuba. Buku ini diharapkan bisa sukses di pasaran karena buku harian Guevara di masa lalu juga meraup kesuksesan. Catatan harian Che Guevara saat dia bergerilya di Bolivia hingga tertangkap dan dieksekusi pada 1967, sangat laris di pasaran saat diterbitkan pada 1968.

Sementara itu, The Motorcycles Diary, sebuah memoar perjalanannya melintasi Amerika Latin di atas sepeda motor pada saat Che berusia 23 tahun juga sukses secara komersial. Buku ini bahkan sudah difilmkan dengan judul yang sama dan meraih kesuksesan baik dari sisi kritik maupun komersial.(ADO/BBC Indonesia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini