Sukses

Menghadap ke Laut, Stadion Baru Rusia Seperti Mengapung di Atas Air

Pihak Universitas Negeri Maritim Vladivostok, Rusia, yang memiliki stadion tersebut, awalnya enggan membuka gerbang yang baru dibangun ini untuk umum.

Liputan6.com, Vladivostok - Stadion baru Rusia yang dibangun di Vladivostok, salah satu kota paling timur di negara ini, disebut-sebut sebagai salah satu arena terindah di Rusia.

Dari atas, tepi Tanjung Dezhnyov, tempat stadion ini dibangun, terlihat seperti titik hijau terang yang memisahkan perairan Teluk Amur dari area perumahan Vladivostok. Stadion ini pada dasarnya dikelilingi oleh perairan di tiga sisi.

Pihak Universitas Negeri Maritim Vladivostok, Rusia, yang memiliki stadion tersebut, awalnya enggan membuka gerbang yang baru dibangun ini untuk umum.

Menurut perwakilan universitas, stadion masih dalam tahap pemberian sentuhan akhir. Stadion ini akan memiliki kamar ganti dan unit kamar mandi, demikian dikutip dari laman RBTH Indonesia, Kamis (22/3/2018).

Fakta bahwa stadion ini belum selesai tak menyurutkan semangat para atlet profesional. Tim Vladivostok bahkan telah menggunakan lapangan ini untuk berlatih.

Universitas Maritim, yang memulai konstruksi stadion pada 2011, juga memiliki klub kapal pesiar di dekatnya. Selama lebih dari 50 tahun, klub ini sudah melatih para pelaut muda.

Stadion ini juga digunakan untuk festival. Acara pertama yang pernah digelar ialah festival layang-layang pada 2015.

Warga yang tinggal di dekat stadion ini dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan.

Selama musim panas, anak-anak dari lingkungan setempat dapat bermain dengan aman di dekat stadion karena stadion dikelilingi oleh pagar setinggi 3 meter.

Bahkan selama musim dingin, warga setempat punya alasan untuk melihat ke luar jendela.

Mungkin itu sebabnya terdapat tiga blok apartemen di sebelah stadion “elite” tersebut. Harga apartemen dibanderol mulai dari sekitar 10 juta rubel (sekitar Rp 2,2 miliar) untuk apartemen satu kamar.

Jadi, apakah Anda masih butuh alasan lain untuk mengunjungi Vladivostok?

Pernahkah Anda membayangkan seperti apa pengalaman melintasi Rusia di atas kereta? Pastikan Anda meluangkan waktu setidaknya selama enam hari untuk bertualang!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bola Canggih yang Ternyata Robot Mata-Mata

Jika lapangan sudah dibuka untuk umum, bola yang satu ini tak bisa dijadikan sebagai instrumen pertandingan.

Sebab, bola yang satu ini adalah bukan untuk dimainkan, melainkan menjadi robot mata-mata.

Tim peneiliti di Rusia dikabarkan tengah merampungkan desain sebuah peralatan mata-mata militer terbaru, yang berfungsi untuk menjangkau puing-puing gedung di kawasan perang.

Dilansir dari laman Mirror.co.uk, peralatan mata-mata tersebut berbentuk 'robot bola' yang ditugaskan untuk mengumpulkan rekaman gambar dan suara di tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh pasukan militer.

Alat yang diklaim anti-guncangan itu diberi nama Sphera, dan telah diuji coba di beberapa titik konflik di Suriah, di mana pasukan Rusia turut terlibat di dalamnya.

Namun, peralatan mata-mata tersebut tidak akan dijual dengan harga murah, melainkan dibanderol seharga hampir Rp 350 juta per satuannya.

Setelah mendapat tanggapan atas uji coba terkait, robot bola itu kini tengah menjalani "pemolesan ulang" di sebuah laboratorium di Moskow.

Alat canggih ini dilengkapi dengan kamera 360 derajat yang dikendalikan dari jarak jauh. Robot tersebut juga memiliki lampu dioda, serta mikrofon dan pemancar, yang bekerja via sinyal radio.

Dengan formasi canggih seperti itu, Sphera disebut mampu mengirim potret, rekaman gambar, dan suara berkualitas cukup jernih hingga jarak 50 meter.

Banyak pengamat menyebut kehadiran teknologi itu bisa mendukung Rusia untuk memperkuat pengaruh militernya di tingkat global dan semakin membuat dunia ketar-ketir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.