Sukses

Ajaib, Kakek di India Makan Pasir Selama 40 Tahun

Kakek asal India itu sempat ingin mencoba menghentikan kebiasaannya itu, tetapi hal itu malah membuat perutnya merasa tidak enak.

Liputan6.com, New Delhi - Demi alasan kebugaran, seseorang akan mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna. Yang jelas harus ada kandungan karbohidrat, protein dan serat. Namun, apa yang dilakukan oleh seorang kakek di India sangatlah beda.

Dikutip dari laman Gulfnews.com, Kamis (22/3/2018), untuk alasan kebugaran dan program diet, kakek asal Rajdaha di distrik Pakur, India mengonsumsi pasir.

Rupanya, kebiasaan aneh makan pasir ini sudah ia lakukan selama 40 tahun terakhir. Biasanya, dalam satu hari pria yang diketahui bernama Ram Ikbal Choube mengonsumsi 500 gram pasir.

Kakek Ram sempat ingin mencoba menghentikan kebiasaannya itu, tetapi hal itu malah membuat perutnya merasa tidak enak. Selalu ada dorongan untuk terus dan terus melakukannya.

Maka dari itu tak heran apabila selalu ada kantong plastik berisi pasir di samping tempat tidur pria tua itu.

Kakek asal India itu adalah seorang pensiunan pegawai pemerintah. Ia menjelaskan bahwa mengonsumsi pasir itu hanya asupan sampingan. Ia tetap mengonsumi makanan normal lainnya.

Melihat keanehan ini, pihak keluarga sempat mencoba melarang dan menghentikan kebiasaannya tersebut. Namun sayang, segala usaha yang dilakukan tetap saja gagal.

Pihak keluarga tak bisa menerima alasan bahwa pasir dapat menjadi obat diet, dan malah dapat menimbulkan maslaah kesehatan.

"Awalnya kami sudah melarang kebiasaan buruk ayah. Tetapi ini sudah jadi kebiasaannya sehari-hari," ujar Harishankar Choube.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nenek Pemakan Pasir dari Lithuania

Seorang nenek asal Lithuania juga melakukan praktik yang sama. Seminggu sekali, Stanislava mengambil pasir di sebuah lubang di kebun tak jauh dari rumahnya.

Pasir itu kemudian dikeringkan dan dimakan. Selebihnya, wanita berusia 71 tahun ini berdiet seperti lazimnya orang lain, misalnya mengurangi makan daging dan memperbanyak makan sayur-sayuran.

Dia mengakui sebenarnya lebih menyukai memakan pasir kering tanpa diolah alias mengambil pasir dan langsung dimakan.

Kebiasaan unik Stanislava dilakukan sejak lima tahun silam. Selama ini dia yakin bahwa pasir adalah makanan yang menyehatkan.

Itu terbukti dengan giginya yang makin kuat, rambut subur bagaikan jurai kuda, dan sakit perut yang dulu sering mendera, kini hilang.

Selain menyehatkan, Stanislava mengakui, kebiasaan memakan pasir dapat menghemat pengeluaran untuk membeli makanan. Terhitung, setiap bulan, dia bisa berhemat yang kalau dirupiahkan berkisar Rp 400 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.