Sukses

Reog Ponorogo hingga Busana Daerah RI Meriahkan HUT Kampung Presiden Filipina

Liputan6.com, Davao City - Kota Davao di Filipina Selatan mengadakan Parade untuk merayakan Hari Ulang Tahun Kota Davao ke-81 pada Jumat 16 Maret 2018. Acara itu diikuti oleh 302 organisasi, termasuk Konsulat Jenderal Republik Indonesian (KJRI) Davao City.

"Kali ini Parade Indonesia tampil secara massive dan all out. Tidak kurang dari 105 orang kontingen RI turun ke jalan memeriahkan parade terbesar di Davao City, kota asal Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Seluruh staf KJRI, Dharma Wanita, sejumlah guru dan siswa Sekolah Indonesia Davao (SID)," tutur Konsul Jenderal RI di Davao City, Filipina Selatan, Berlian Napitupulu seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Rabu (21/3/2018).

Berbeda dari Parade tahun 2017 lalu, tahun ini KJRI menampilkan Topeng Reog Ponorogo lengkap dengan iringan musik tradisional khas Ponorogo di perayaan HUT kampung Presiden Filipina saat ini.

Menariknya, topeng Reog Ponorogo yang beratnya hampir 30 kg tersebut dimainkan dengan apik oleh seorang staf lokal Filipina.

"Penampilan topeng Reog Ponorogo dan pawai pakaian adat Indonesia tersebut menarik perhatian publik Davao City, yang memadati tepi jalan protokol yang dilalui para peserta Parade. Banyak masyarakat yang meminta foto bersama, baik dengan para siswa SID yang memakai pakaian adat Indonesia maupun dengan topeng Reog Ponorogo," tutur Berlian Napitupulu.

Selain itu, KJRI Davao City juga menampilkan pawai aneka pakaian adat dari berbagai daerah/ Provinsi di Indonesia antara lain dari Batak (Sumatera Utara), Padang (Sumatera Barat), Sunda (Jawa Barat), Jawa Tengah, Bali, NTB, dan Papua, serta pakaian Tari Merak, Tari Kuda Lumping, dan Gatotkaca. Seluruhnya dibawakan oleh para siswa Sekolah Indonesia Davao (SID).

Mobil hias dengan desain nuansa Bali berlogo Wonderful Indonesia juga memeriahkan acara hari ulang tahun kampung Presiden Filipina.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Para Undangan

Parade dalam rangka HUT Kota Davao itu dihadiri oleh Wali Kota Davao Sarah Z. Duterte; Wakil Wali Kota Bernard Echavez Al-ag; City Administrator (setingkat Sekretaris Daerah) Davao Atty. Zuleika T. Lopez; Konjen RI dan Ibu Elizabeth Napitupulu; Komandan East Mindanao Command (Eastmincom) Letjen Benjamin Madrigal; Kepala Polisi Mayjen Manuel Gaerlan; KASAL Commodore Enriquez; para Pejabat Pemerintah Kota Davao.

Ratu Kecantikan Davao (Mutya ng Davao) 2018, Shellah Faye Juntilla beserta 4 finalis yang masuk dalam Top 5 Mutya ng Dabaw 2018 juga turut memeriahkan gelaran tersebut.

"Wali Kota Davao Sarah Z. Duterte; Wakil Walikota Bernard E. Al-ag; dan City Administrator Atty. Zuleika T. Lopez; dan beberapa pejabat setempat menyampaikan terima kasih dan apresiasi mereka atas upaya promosi Indonesia pada parade Peringatan HUT Kota Davao," imbuh Berlian Napitupulu.

"Semoga upaya promosi Indonesia kita lakukan ini dapat lebih memperkenalkan Indonesia dan meningkatkan kerja sama di berbagi bidang antara Indonesia dengan Filipina, khususnya dengan Filipina Selatan," pungkas Berlian Napitupulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.