Sukses

21-3-1980: Pesepakbola Legendaris Brasil Ronaldinho Lahir

Hari ini pesepakbola Brasil, Ronaldinho lahir. Ia dikenal sebagai pemain yang memiliki kredibilitas tinggi dan lihai memainkan berbagai macam trik.

Liputan6.com, Brasilia - Hari ini, 38 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 21 Maret 1980, bintang sepakbola Ronaldo de Assis Moreira alias Ronaldinho lahir di Porto Alegre, Brasil.

Ronaldinho dikenal karena kelihaiannya memainkan si kulit bundar di lapangan. Ia juga pandai melakukan beberapa trik untuk mengecoh lawan saat bertanding.

Ronaldinho memulai karirnya bersama Gremio, satu dari dua tim ternama di kota kelahirannya, ketika berusia tujuh tahun. Kala itu, namanya langsung harum di seantero Brasil lantaran berhasil mencetak 23 gol dalam satu pertandingan.

Bakat ini membuatnya langsung terjun ke dunia sepakbola profesional dalam usia yang amat belia, yaitu pada tahun 1997. Klub sepak bola asal Eropa pun segera menghubunginya dan menawarinya bergabung. Ia setuju, lalu menandatangani kontrak dengan Paris Saint-Germain pada tahun 2001.

Setelah dua musim di Paris, Ronaldinho menyetujui kesepakatan dengan Barcelona di Liga Spanyol, mengikuti jejak pemain Brasil lainnya, Ronaldo dan Rivaldo. Pria berambut ikal ini membawa Barcelona mendapatkan gelarnya pada La Liga musim 2004-2005 dan 2005-2006.

Ronaldinho memenangkan penghargaan FIFA Player of the Year, yang diberikan setiap tahun kepada pemain terbaik di dunia, pada tahun 2004 dan 2005. Juga di tahun 2005, Ronaldinho menjadi pemain Brazil ketiga yang memenangkan penghargaan European Footballer of the Year atau Ballon d'Or.

Ketika Ronaldinho bergabung bersama tim nasional Brasil pada tahun 1995, ia dijuluki Ronaldinho Gaucho. Nama ini diberikan khusus untuknya guna membedakannya dengan penyerang lain yang juga bernama Ronaldo, rekan satu tim. Setelah hijrah ke Eropa, ia tidak lagi menggunakan nama "Gaucho".

Ronaldinho bermain sebagai gelandang serang untuk Brasil di Piala Dunia 1994, 1998 dan 2002.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini