Sukses

5 Posisi Tidur Ini Ungkap Kepribadian Anda yang Sebenarnya

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah penelitian mengungkapkan, kepribadian seseorang ternyata bisa dilihat dari posisi tidurnya.

Apalagi, anda menghabiskan sekitar sepertiga hidup Anda untuk tidur, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Handbook of Clinical Neurology.

Jadi menurut ilmuwan, wajar saja posisi tidur Anda dapat mengungkapkan jati diri Anda sesungguhnya saat terjaga di siang hari.

Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental, tidur juga kegiatan yang sangat didambakan untuk melepas penat setelah seharian bekerja. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Chris Idzikowski di Inggris, posisi tidur setiap orang berbeda sesuai dengan budaya tempat tinggalnya.

"Kami sadar akan bahasa tubuh saat kita sadar, saat kita beraktivitas sehari-hari. Tapi memahami bahasa tubuh saat tidur adalah hal yang unik. Kita bisa tahu siapa kita sebenarnya," kata Idzikowski, seperti dikutip dari Bustle, Sabtu (17/3/2018).

Berikut 5 posisi tidur yang mungkin menggambarkan kepribadian Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Tidur Menghadap Samping

Jika Anda termasuk dalam golongan ini, Idzikowski mencatat bahwa Anda merupakan orang yang pandai bergaul dan berpikiran terbuka. T

idur menyamping dengan meletakkan tangan di bawah  kepala, sedangkan tangan lain diletakkan lurus  menempel di pinggang, bisa jadi Anda adalah pribadi yang suka curiga dan sinis.

Menurut sebuah survei dari Sealy, orang-orang yang tidurnya kerap menghadap sisi kiri lebih cenderung bekerja di pemasaran atau perusahaan periklanan. Tingkat pendidikannya pun yang lebih tinggi dan lebih kreatif.

Sedangkan untuk perokok berat dan pengkonsumsi kafein, tidurnya kerap menghadap sisi kanan. Mereka yang menyukai posisi ini cenderung bekerja di industri transportasi dan manufaktu.

3 dari 6 halaman

2. Meringkuk

Tidur meringkuk seperti posisi janin dalam kandungan menandakan bahwa Anda sedang mencoba menghibur diri dan mencari kenyamanan setelah beraktivitas seharian.

"Karakter orang yang suka tidur dengan posisi ini yaitu keras kepala, pemalu tapi hangat, teliti, mempersiapkan segala sesuatunya dengan seksama dan siap menghadapi hari," kata Idzikowski.

Ia menambahkan, sebuah bantal atau guling yang diletakkan di antara lutut mungkin akan bermanfaat bagi tubuh.

4 dari 6 halaman

3. Terlentang Bak Tentara

Tidur dengan posisi terlentang dan kedua tangan berada di sisi badan juga dikenal sebagai posisi tentara.

Posisi ini menggambarkan bahwa Anda memiliki harapan yang tinggi terhadap diri sendiri dan orang lain, menurut Idzikowski.

Secara umum, mereka kuat namun cenderung diam dan tidak suka membuat gerakan. Meski begitu, orang yang suka tidur dengan posisi ini cenderung mendengkur.

5 dari 6 halaman

4. Bintang Laut

Jika Anda tidur telentang dengan tangan di atas kepala dan di sekitar bantal, Anda tidur dengan posisi bintang laut. Golongan ini memilih untuk tidak menjadi pusat perhatian, tapi kemampuan "mendengar" mereka sangat tajam, sehingga membuat mereka dipercaya banyak orang, menurut BBC.

Berdasarkan riset Idzikowski, secara umum, mereka cenderung senang bersosialisasi, suka nemberi dan tidak mementingkan diri sendiri. Hanya saja, hati-hati, karena orang yang tidur dengan posisi ini juga mudah mendengkur.

Posisi bintang laut dan tentara adalah posisi yang paling rentan mendengkur dan kualitas tidurnya tak baik. Ini karena posisi yang kurang nyaman dan membuat otot tegang di pagi hari.

6 dari 6 halaman

5. Telungkup

Mereka yang tidur telungkup biasanya menghadapkan kepala ke salah satu sisi. Meski begitu, posisi ini bukanlah posisi yang baik untuk kesehatan.

"Posisi tidur ini biasanya kurang nyaman karena bisa membuat leher sakit," kata Idzikowski.

Mereka yang tidur dengan posisi ini tetap menoleh ke samping untuk tetap berada pada kontrol. Tapi pada kenyataannya, hidup tidak selalu berjalan sesuai rencana.

Oleh karena itu, mereka sering bangun dengan keadaan cemas. Mereka cenderung memikirkan hal-hal yang belum terjadi, seperti apa yang akan terjadi hari esok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini