Sukses

Video Viral Penampakan Kereta Hantu di Stasiun China, Rekayasa atau...?

Sebuah video viral di dunia maya menampilkan cuplikan yang aneh nan menyeramkan, seakan menunjukkan kereta hantu di China. Benarkah?

Liputan6.com, Baotou - Sebuah video yang tengah viral di dunia maya menampilkan cuplikan yang aneh sekaligus menyeramkan. Rekaman itu disebut-sebut menunjukkan sebuah kereta hantu di China.

Video itu merupakan hasil rekaman kamera CCTV di Stasiun Kereta Baotou, China pada 10 Maret 2018, yang kemudian dibuat viral oleh sebuah akun di laman berbagi video populer. Demikian seperti dikutip dari Daily Star (16/3/2018).

Akun The Hidden Underbelly 2.0 mengunggah video itu Kamis 15 Maret, dengan keterangan yang bertuliskan:

"Ketika petugas stasiun tengah mengawasi monitor kamera CCTV, ia melihat sebuah 'kereta hantu' yang mendadak muncul di salah satu peron."

"Kereta hantu itu datang, berhenti, dan pergi seakan seperti kereta nyata yang tengah menaikkan dan menurunkan penumpang," lanjut keterangan tersebut.

Saat ini, cuplikan itu telah ditonton oleh sekitar 40.000 orang serta menuai perdebatan para warganet di situs berbagi video populer tersebut.

Ada seorang warganet yang mentah-mentah mempercayai rekaman kereta hantu tersebut.

"Jelas sebuah kereta hantu."

Seorang yang lain justru berteori lebih gila, dengan menulis, "Kereta itu berasal dari dimensi lain yang tiba-tiba tersambung dengan dimensi kita."

Namun, tak sedikit yang menganggapnya skeptis dan berusaha menawarkan penjelasan yang lebih rasional.

"Bagiku, itu tampak seperti pantulan bayangan di jendela," tulis Nicole Hervieux di kolom komentar video tersebut.

Ada pula yang justru menanggapi dengan bumbu-bumbu humor.

"Itu kereta Hogwart Express seperti pada film Harry Potter," kata salah satu akun mengomentari dugaan video kereta hantu itu.

Berikut videonya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada Penampakan Hantu di Latar Belakang Foto Keluarga Ini?

Aneh dan menyeramkan, begitulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan foto seorang ibu bersama dua anaknya asal Delaware, Amerika Serikat.

Dilansir dari laman FOX29.com, Selasa 19 Desember 2017, di tengah suasana perayaan Natal 2017, seorang ibu berfoto bersama dua buah hatinya yang masih kecil.

Hujan salju turun malam itu, menambah tebal tumpukan es halus yang menutupi permukaan tanah. Cahaya lampu hias Natal yang benderang menghangatkan suasana kala itu.

Untuk mengabadikan momen tersebut, sang ibu mengajak dua anaknya berfoto membelakangi lampu yang terang. Namun, saat melihat hasilnya, wanita itu kaget bukan kepalang.

Saat ditanya oleh FOX29, Tricia Endres mengatakan bahwa ada penampakan aneh seperti hantu tepat di belakang tubuhnya. Sebuah bayangan tak lazim tertangkap oleh kamera.

"Awalnya saya sedikit panik. Sebab, bayangan itu begitu menyeramkan seperti hantu," ujar Endres.

"Untuk itu saya meminta suami saya untuk memeriksa penampakan apa yang ada di dalam foto," tambahnya.

Hal ini kemudian menarik John Levy, pendiri Olde City Paranormal.

Jika Endres menganggap bayangan itu adalah sosok hantu, maka beda halnya dengan Levy.

"Itu adalah gambar yang begitu keren. Tapi saya melihat itu hanyalah efek matricking dan bisa terjadi kapan saja jika Anda tengah memotret," ujar Levy.

"Jika Anda melihat di kanan dan kiri terdapat lampu dekat jendela, maka efek itu diciptakan dari hasil pantulan cahaya," tambahnya.

Jadi, paranormal tersebut memastikan jika cahaya tersebut bukan berasal dari hantu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.