Sukses

Bankir Terpilih Sebagai Presiden Latvia

Berzins memeperoleh 53 suara di babak kedua pemungutan suara, lebih dua angka dari minimum 51 suara yang diperlukan untuk kemenangan.

Liputan6.com, Riga: Bankir Andris Berzins terpilih sebagai Presiden Latvia. Dia meraih suara 100 kursi parlemen  mengalahkan incumbent Presiden Valdis Zatlers. Demikian yang dilaporkan situs Xinhua, Jumat (3/6).

Berzins memeperoleh 53 suara di babak kedua pemungutan suara, lebih dua angka dari minimum 51 suara yang diperlukan untuk kemenangan. Ia pun ditetapkan menjadi Presiden Latvia keempat sejak kemerdekaan negara Baltik pada 1991. Di babak pertama, Berzins menerima 50 suara, lebih tujuh suara dari Zatlers, yang masa jabatannya berakhir pada 7 Juli medatang.

Menurut hukum Latvia, parlemen harus memilih presiden dan calon kandidat presiden perlu lebih dari 50 suara untuk menang. Presiden Latvia diperbolehkan melayani paling banyak dua kali periode masa jabatan.

Sebelumnya, Berzins (66) menjabat sebagai Presiden Unibank Latvia dan saat ini ia seorang anggota parlemen untuk Persatuan Penghijauan dan Petani, sebuah aliansi politik yang merupakan bagian dari koalisi yang berkuasa. Sementara itu, Zatlers (56) yang banyak diharapkan untuk memenangkan masa jabatan keduanya gagal untuk melanjutkan jabatannya tersebut. (JAY/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini