Sukses

Ini 5 Tafsir di Balik Mimpi Buruk Anda menurut Psikolog

Psikolog menerjemahkan makna di balik lima jenis mimpi yang paling sering dialami seseorang.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah penelitian menyebut, sekitar 95 persen mimpi dilupakan dari ingatan. Bahkan sebelum kita beranjak dari tempat tidur. Sedangkan sisanya, 5 persen, cenderung melekat dalam benak sepanjang hari.

Mimpi -- yang merupakan buah dari pikiran acak, bayangan akan sesuatu, dan sensasi saat tidur -- mungkin hanya berlangsung sekitar 5 hingga 20 menit saja. Namun ternyata, bunga tidur mampu memberikan informasi tentang sebuah masalah yang dialami seseorang.

Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Totaljobs terhadap 2.000 orang di penjuru Inggris, 50% mengaku tidak bisa tidur nyenyak karena tekanan kerja. Imbasnya, mereka kerap mendapatkan mimpi buruk.

Mimpi yang paling sering muncul -- dan mengerikan -- menurut ahli psikologi dan mimpi, Dr. Ian Wallace, adalah tanggalnya gigi, dikejar sesuatu atau seseorang tak dikenal, dan tidak dapat menemukan toilet padahal ingin sekali kencing.

Ian menjelaskan, tak semua mimpi mempunyai arti jelek. Seperti misal dikejar-kejar sesosok misterius dengan suasana gelap dan Anda tak mengetahui posisi pasti diri sendiri.

Meski terdengar mengerikan, sebenarnya mimpi semacam ini bisa menjadi pertanda bagus: perjuangan untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan.

Ian pun menjabarkan arti mimpi yang paling sering dialami seseorang, dan anehnya mimpi tersebut terkadang sama alurnya. Berikut penjelasan sang profesor, seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (12/3/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Dikejar-Kejar

Jika Anda bermimpi buruk tentang dikejar-kejar sesuatu atau sosok tak dikenal, bisa jadi Anda sedang mempunyai masalah dalam kehidupan pribadi.

Sebetulnya, Anda ingin menghadapinya, namun di sisi lain, Anda tidak tahu cara melakukannya.

Masalah ini biasanya terkait dengan pencapaian ambisi besar Anda. Meski tampaknya menakutkan, sosok pengejar Anda sebenarnya mengacu pada talenta Anda yang belum terealisasi.

3 dari 6 halaman

2. Gigi Tanggal

Gigi Anda melambangkan kepercayaan diri dan kekuatan yang Anda miliki. Gigi yang copot melambangkan situasi yang meruntuhkan kepercayaan diri Anda di kehidupan nyata.

Alih-alih melihat situasi ini sebagai sesuatu yang mungkin membuat Anda tidak berdaya, cobalah untuk menyikapi fakta dengan tenang dan menikmatinya sebagai tantangan yang bisa Anda hadapi.

4 dari 6 halaman

3. Ingin Kencing tapi Tidak Bisa Menemukan Toilet

Toilet merupakan benda yang digunakan untuk "menanggapi" kebutuhan mendasar manusia, yakni buang hajat. Mimpi seperti ini kerap dialami oleh sebagian besar orang di dunia, termasuk anak kecil.

Menurut Ian, makna di balik mimpi tersebut adalah Anda ditantang untuk mengungkap permasalahan yang Anda alami secara jelas dan terbuka. Tak boleh dipendam.

Mimpi "tak bisa menemukan toilet" kerap membayangi mereka yang selalu meluangkan waktu untuk orang lain, tapi mengesampingkan kebutuhan dirinya sendiri.

5 dari 6 halaman

4. Telanjang Bulat di Muka Umum

Pakaian yang kita pilih dan kenakan cenderung mewakili situasi dan kondisi perasaan kita. Mimpi telanjang di hadapan publik menunjukkan bahwa ada situasi di kehidupan nyata yang membuat Anda merasa rentan dan terekspos.

Meski mungkin masalah itu berpotensi memalukan, sikap yang sebaiknya Anda ambil adalah membuka diri terhadap orang di sekitar Anda, sehingga Anda bisa mengetahui jati diri Anda yang sebenarnya.

6 dari 6 halaman

5. Tak Siap Hadapi Ujian

Ujian adalah cara kita mengetes kemampuan pribadi untuk tampil di hadapan orang-orang. Mendapatkan mimpi buruk mengenai tak siapnya kita dalam menghadapi ujian melambangkan, Anda secara kritis mampu memeriksa kinerja Anda sendiri dalam membangunkan kehidupan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mimpi buruk atau nightmares adalah mimpi yang mengganggu dan terasa nyata. Anda dapat terbangun dari tidur nyenyak dengan rasa takut

    Mimpi Buruk

  • Mimpi