Sukses

Ternyata, Ini Waktu Paling Tepat untuk Menggosok Gigi

Tahukah Anda kapan waktu yang sebenarnya tepat untuk menyikat gigi?

Liputan6.com, Jakarta - Kita mengajari anak-anak untuk sikat gigi dua kali sehari, dan semoga kita semua masih melakukannya hingga detik ini.

Tapi, tahukah Anda kapan waktu yang sebenarnya tepat untuk menyikat gigi?

Menurut profesor Universitas Melbourne dan dokter gigi anak, David Manton, waktu yang paling penting untuk membersihkan gigi Anda adalah tepat sebelum tidur.

Jadi, apakah sikat gigi di pagi hari dilakukan sebelum sarapan atau sesudahnya? Profesor Manton punya jawaban sendiri.

"Saya rasa itu tidak penting," ujar Dr Manton.

Mengapa Demikian?

Sementara banyak orang berpikir bahwa poin penting dari menyikat gigi adalah membersihkan sisa makanan dari gigi, tujuan utamanya sebenarnya adalah membuang plak.

Plak, yang digambarkan oleh Profesor Manton sebagai lapisan putih yang Anda sikat, adalah penyebab kerusakan gigi.

Gula dalam makanan kita memberi makan bakteri yang tinggal di plak tersebut.

"Itu mengubah lingkungan sehingga mereka suka makan gula, mereka membuat asam. Kemudian asam itu akan melarutkan gigi dan menyebabkan berlubang," jelasnya.

Inilah sebabnya mengapa mengurangi asupan makanan dan minuman manis sangat penting bagi kesehatan mulut. Dokter gigi telah meningkatkan peringatan tentang tingkat kerusakan gigi pada anak kecil.

Para ahli menyarankan agar orangtua menghindari untuk memberi anak-anak minuman bergula, termasuk jus, dan justru memberi mereka susu atau air biasa saja.

"Ini tentang pola makan, dan begitu banyak makanan olahan kita mengandung gula di dalamnya sehingga sulit untuk melepaskan diri dari makanan manis akhir-akhir ini," kata Profesor Manton.

Bayi Juga Harus ke Dokter Gigi

Profesor Manton, yang juga ketua Komite Kesehatan Gigi untuk Asosiasi Dokter Gigi Australia, mengatakan bahwa setiap anak harus pergi ke dokter gigi.

"Kami mencoba untuk mendorong agar mereka mendapat pemeriksaan anak yang sehat, tidak menunggu sampai mereka memiliki masalah," ujarnya.

Ia juga mengatakan, tak hanya rutin sikat gigi, anak-anak yang masih sangat muda-pun harus menjalani pemeriksaan secara rutin.

"Rekomendasi kami biasanya dalam enam bulan setelah erupsi gigi pertama, jadi biasanya sekitar umur 12 bulan," kata Profesor Manton.

Ia mengakui bahwa biaya kontrol gigi merupakan penghalang bagi orang tua. Anda bisa membawa anak ke dokter untuk diperiksa dan menggunakan pertanggungan yang tercakup dalam Medicare, sedangkan jika Anda pergi ke dokter gigi, dalam banyak kasus Anda harus membayarnya sendiri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sikat Gigi Sebelum Tidur Penting

Menyikat gigi sebelum sarapan pagi tetap akan memperbaiki kebersihan mulut Anda.

"Anda membersihkan plak sehingga tidak ada yang bisa memakan gula," kata Profesor Manton.

Kapanpun Anda dan anak Anda menyikat gigi, Profesor Manton mengatakan bahwa penting sekali Anda menyikat setidaknya dua kali sehari.

"Terutama sebelum Anda tidur. Ini sangat penting bagi semua orang," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.