Sukses

Geger Temuan Tas Berisi 27 Pasang Potongan Tangan Manusia

Temuan satu potong tangan membawa petugas menemukan tas berisi potongan tangan lain di dalamnya.

Liputan6.com, Moskow - Warga di dekat kota Khabarovsk di Siberia, Rusia timur jauh geger dengan temuan sebuah tas berisi 27 pasang tangan manusia.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (9/3/2018), temuan tersebut bermula dari seorang warga lokal yang menemukan salah satu potongan tangan tergeletak di tepi sungai. Lalu tak lama kemudian petugas menemukan tas berisi potongan tangan lain di dalamnya.

Meski potongan tangan itu ditemukan di dekat lokasi memancing populer, penduduk setempat mengatakan bahwa mereka tidak melihat ada yang mencurigakan.

Kendati demikian muncul spekulasi misteri tentang siapa si pemilik tangan dan mengapa dipotong seperti itu, demikian menurut laporan The Siberian Times.

Salah satu teori mengerikan yang mengemukan adalah potongan tangan di Rusia itu adalah korban hukuman pencurian. Yang lainnya mengira penggalan bagian tubuh itu berasal dari mayat di rumah sakit - namun tidak diketahui pasti mengapa dilakukan pemotongan demikian.

Sementara sejumlah orang khawatir potongan tangan itu berasal dari mayat yang bagian tubuh lainnya dicuri. Sengaja dipotong untuk mencegah identifikasi.

Media Rusia lainnya melaporkan bahwa di samping potongan tangan itu ditemukan perban medis dan penutup sepatu plastik bergaya rumah sakit.

"Ini adalah pemandangan yang memuakkan," kata seorang warga lokal. Polisi menolak berkomentar.

Sejauh ini sudah ditemukan sidik jari di satu tangan, sementara potongan tangan lainnya tengah diperiksa.

 

 

Saksikan juga video berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jasad Tanpa Kepala

Temuan menggegerkan juga pernah terjadi di Meksiko utara pada Mei 2012. Kala itu kepolisian setempat menemukan 49 mayat tanpa kepala di pinggir jalan wilayah Monterey.

Sejumlah tubuh yang terdiri dari 43 pria dan enam wanita itu diduga adalah korban kartel mafia narkoba. Berdasarkan coretan di dinding dekat penemuan mayat, diketahui mereka adalah korban kekejaman kartel Zetas. Kemungkinan, para korban adalah anggota kartel Semenanjung yang memang menjadi rival kuat Zetas.

"Ini adalah kekerasan antarkelompok kriminal, bukan terhadap warga sipil," kata Jorge Domene, juru bicara keamanan Nuevo Leon.

Sebelumnya, pada awal Mei, juga ditemukan 23 mayat kotban mutilasi di Timur Laut Meksiko, daerah perbatasan dengan Amerika Serikat.

Melihat hal itu, Presiden Meksiko kala itu, Felipe Calderon memerintahkan aparat kepolisian dan militer untuk melakukan operasi pemberantasan geng narkoba.

Seorang Jaksa mengatakan, sejak Presiden Felipe Calderon menyatakan perang terhadap kartel narkoba pada Desember 2006, lebih dari 47.000 orang tewas akibat aksi kekerasan geng narkoba. Selain anggota kartel, korban juga berjatuhan di kalangan sipil, pegawai pemerintahan, dan wartawan.

Negara bagian Nuevo Leon dan Tamaulipas adalah wilayah terparah. Di Monterrey, Ibu kota Nuevo Leon, sedikitnya 400 orang tewas pada 2011, jumlahnya meningkat tiga kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Kekerasan paling sering terjadi pada pertikaian dua kartel besar, Zetas dan Semenanjung. Awalnya, Zetas yang anggotanya terdiri dari para pembelot angkatan bersenjata Meksiko bekerja sama dengan kartel Semenanjung. Hubungan memburuk pada 2010, dan keduanya mulai saling serang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.