Sukses

Erupsi Dahsyat Gunung 'James Bond' di Jepang

Sebuah gunung berapi di selatan Jepang, yang pernah masuk dalam film James Bond, meletus dengan kekuatan cukup dahsyat pada Selasa, 6 Maret 2018.

Liputan6.com, Tokyo - Gunung Shinmoedake, sebuah gunung berapi aktif yang berlokasi di selatan Jepang, dilaporkan mengalami erupsi yang cukup besar pada Selasa, 6 Maret 2018, sore.

Erupsi gunung berapi yang terletak di selatan pulau Kyushu itu diketahui memicu kumpulan debu vulkanis setinggi ribuan meter, serta melontarkan partikel-partikel kecil ke hampir seluruh area di sekitarnya, termasuk ke sebuah bandara yang berlokasi tidak jauh darinya.

Dilansir dari Time.com pada Rabu (7/3/2018), badan meteorologi setempat menyebut erupsi gunung Shinmoedake kali ini sebagai yang terparah sejak 2011 silam.

Semburan abu vulkanis tercatat membumbung setinggi hampir 2.300 meter, di mana disertai dengan kemunculan lava pijar di sekitar mulut kawah.

Di kota Kirishima yang berlokasi di kaki gunung Shinmoedake, para warga yang beraktivitas di luar rumah diimbau mengenakan masker kesehatan atau menutupi hidung dan mulut dengan handuk basah. Penggunaan payung juga dianjurkan untuk menghindari terpaan hujan abu vulkanis.

Menurut otoritas terkait di Jepang, tidak ada korban luka ataupun kerusakan pasca-erupsi gunung berapi tersebut meletus. Namun, Kementerian Dalam Negeri Jepang mengimbau para warga untuk tetap waspada, karena aktivitas vulkanik diperkirakan terus berlanjut dalam beberapa hari ke depan.

Warga setempat juga diminta waspada akan kemungkinan berhamburannya partikel vulkanis, seperti bebatuan kecil, akibat pengaruh angin musim semi yang berhembus dari arah barat ke timur.

 

Simak video tentang munculnya petir di dalam erupsi gunung berapi berikut: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernah Menjadi Lokasi Film James Bond

Gunung Shinmoedake adalah salah satu dari sederet gunung berapi yang paling aktif di Jepang saat ini.

Laporan terakhir tentang erupsi gunung ini terjadi pada 2011 silam, di mana eruspi yang disertai beberapa kali gempa ringan terjadi dalam waktu kurang dari dua jam.

Memiliki tinggi 1.421 kilometer di atas permukaan laut, gunung Shinmoedake pernah muncul di salah satu film James Bond berjudul 'You Only Live Twice', yang dibintangi oleh mendiang aktor Sean Connery.

Sementara itu, kondisi geografis Jepang yang berada di jalur cincin api Pasifik, menjadi tempat dari 110 gunung berapi aktif yang kerap memicu gempa dan erupsi.

Pada 2014 lalu, erupsi gunung Ontake dillaporkan memicu korban tewas sebanyak 60 jiwa.

Januari lalu, sebuah erupsi yang mengejutkan terjadi di bagian tengah Jepang, dan membunuh seorang tentara dan melukai 11 oang lainnya yang tengah melakukan latihan ski.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini