Sukses

Detik-Detik Mobil Sedan Tabrak Pagar Istana Buckingham, Aksi Teror?

Pagar Istana Buckingham ditabrak oleh sebuah sedan pada Sabtu malam, memicu status waspada oleh pihak keamanan tempat tinggal resmi Ratu Elizabeth II itu.

Liputan6.com, London - Sebuah mobil sedan dilaporkan menabrak salah satu pagar di sisi barat Istana Buckingham, istana yang menjadi kediaman resmi penguasa Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II.

Dilansir dari Mirror.co.uk pada Minggu (4/3/2018), insiden kecelakaan tersebut terjadi di hari Sabtu, 3 Maret 2018, menjelang tengah malam.

Kecelakaan terjadi di dekat gerbang sekunder -- yang menjadi area keluar masuk petugas istana -- pada sekitar pukul 23.15 waktu setempat.

Seraya mengamankan mobil dan pengemudinya, pihak keamanan menghubungi layanan darurat untuk meminta bantuan polisi dan petugas medis.

Tidak ada korban dalam kecelakaan tersebut. Namun pengemudi mobil sedan masih ditahan oleh polisi untuk dimintai keterangan.

Atas alasan keamanan, barisan mobil polisi dan petugas medis, serta pemadam kebakaran disiagakan di sekitar lokasi kejadian hingga Minggu pagi.

"Setelah kami lakukan penyelidikan, insiden tersebut tidak lebih dari kecelakaan tunggal akibat kelalaian pengemudi. Tidak ada ancaman teror," jelas salah seorang sumber di Kepolisian Metropolitan London.

Menurut polisi, pengemudi dianggap lalai karena berkendara sambil mengoperasikan ponsel, sehingga kehilangan fokus saat mengemudi.

Tidak jelas disebutkan bagaimana nasib pengemudi sedan terkait. Namun beberapa pihak menduga kecelakaan tersebut akan berujung pada hukuman denda.

Pihak Istana Buckingham, hingga berita ini dituliskan, tidak memberi tanggapan apa pun terkait insiden kecelakaan yang terjadi pada Sabtu malam itu.

 

 Simak video mengenai detik-detik penjaga Istana Buckingham jatuh terpeleset berikut: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Diserang oleh Dua Orang Berpedang

Beberapa waktu sebelumnya, tepatnya pada pertengahan 2017 lalu, Istana Buckingjam sempat diduga akan diserang oleh dua orang bersenjata pedang.

Situs CNN sempat menulis laporan yang menyebut salah satu terduga, seorang pria berusia 26 asal kota Luton, menghentikan mobilnya sekitar pukul 20.30 pada sebuah malam di tanggal 25 Agustus lalu.

Dia berhenti di tempat terlarang di luar Istana. Polisi kemudian melihat sebuah pedang sepanjang 1,2 meter di dalam mobil pelaku.

Saksi bernama Kiana Williamson mengatakan kepada kantor berita British Press Association, seluruh kejadian itu berlangsung sekitar satu menit.

"Mereka berusaha menarik pria itu keluar sambil berteriak, polisi lain kemudian datang dan pria itu melawan," kata Williamson.

"Pria itu berhasil diringkus dan terlihat pingsan di pinggir jalan."

"Selama perlawanan itu dia berulangkali meneriakkan Allahu Akbar," kata Komandan Dean Haydon dari Polisi Metropolitan London.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.