Sukses

Terkuak, 4 Fakta Piala Oscar yang Tidak Pernah Diketahui Publik

Bukan tentang tampilan glamor, dan bukan juga tentang siapa yang menang. Inilah 4 fakta Piala Oscar yang tidak pernah diketahui publik.

Liputan6.com, Hollywood - Ajang penghargaan terbesar di industri perfilman dunia, Academy Awards, akan diselenggarakan pada 8 April mendatang.

Namun, euforia publik terhadap penghargaan yang identik dengan Piala Oscar itu telah terlihat sejak dini, terutama di dunia maya.

Berbagai tanda pagar (tagar) semakin sering wara-wiri di media sosial, seperti beberapa yang menjadi trending adalah #Oscar2018, #AcademyAwards18, dan lain sebagainya.

Dilansir dari South China Morning Post pada Selasa (27/2/2018), Piala Oscar bukan hanya tentang penghargaan terhadap karya dan pelaku industri perfilman, melainkan turut menyimpan berbagai kisah unik yang menyertainya.

Bukan tentang penampilan glamor para selebritas yang diundang, dan bukan pula tentang siapa dan film apa yang memenangkan sederet kategori prestisius. Piala Oscar memiliki beberapa fakta unik yang hampir tidak pernah diketahui oleh banyak orang.

Berikut adalah empat fakta unik ajang Academy Awards 2018 yang akan kembali dipandu oleh presenter kenamaan Jimmy Kimmel.

 

Simak video menarik tentang lima hewan peliharaan unik milik selebritas Hollywood berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tidak Boleh Ada Bangku yang Kosong

Bukanlah sebuah jaminan, seluruh bangku penonton terisi penuh di setiap penyelenggaraan Academy Awards. Meski setiap tamu undangan diberikan lebih dari satu undangan, termasuk para artis papan atas yang bahkan bisa mendapat jatah 10 kursi, belum tentu semuanya dipastikan hadir.

Adalah sebuah pantangan bagi kamera televisi yang menyiarkan gelaran Piala Oscar, untuk menyorot deretan bangku kosong.

Untuk mengakalinya, biasanya kamera televisi lebih sering menyorot bangku penonton ketika para undangan berdiri memberi apresiasi tepuk tangan. Kalaupun menyorot saat para tamu undangan duduk, biasanya kamera akan lebih tertuju pada tiga baris terdepan, yang berisikan para tamu kelas A.

3 dari 5 halaman

2. Dilanda Rasa Lapar

Sudah menjadi rahasia umum jika banyak tamu undangan merasa kelaparan selama penyelenggaraan Academy Awards.

Bisa jadi, mereka merasa kelaparan karena tiga hal, yakni agar tidak terlihat gemuk saat mengenakan pakaian bagus, terhalang oleh jeda antrean masuk yang panjang, atau sengaja menanti  suguhan makan malam istimewa di akhir acara.

Namun, untuk alasan yang terakhir, tidak bisa sembarang orang yang diundang. Biasanya hanya figur-figur penting di industri perfilman, atau tokoh populer tertentu, yang berhak bercengkerama menikmati beragam sajian makan malam lezat buatan para juru masak kenamaan dunia.

4 dari 5 halaman

3. Pembagian ‘Kasta’ Jalur Antrean

Di setiap ajang Piala Oscar, selalu terbagi dua jalur karpet merah, yakni untuk para figur kenamaan, dan untuk tamu-tamu undangan biasa. Kedua jalur tersebut dipisahkan oleh deretan tiang penyangga tali beludru.

Selain itu, jalur karpet merah untuk para tokoh populer biasanya berjarak lebih pendek dan lebih dekat dengan pintu masuk utama. Adapun jalur karpet merah untuk tamu undangan lainnya kerap dibuat memutar melewati pintu yang lebih jauh.

Barisan keamanan berjas selalu sigap mengawasi kedua jalur tersebut, guna menghindari penyusup yang mengacaukan acara.

 

5 dari 5 halaman

4. Para Pemenang Wajib Menemui Media

Setiap peraih Piala Oscar selalu diarahkan ke belakang panggung untuk menjalani sesi foto dan rekam video oleh awak media.

Para pemenang akan dihadang oleh tanya jawab singkat -- lebih tepatnya berebut wawancara -- di sebuah ruangan yang berisi jurnalis dari berbagai media di seluruh dunia.

Biasanya, pihak panitia akan menyediakan satu sesi tanya jawab tambahan di akhir acara, di mana para pemenang akan 'dipajang' satu per satu untuk menjawab serbuan pertanyaan dari para jurnalis.

Oleh beberapa selebritas, kewajiban tidak tertulis ini membuat mereka terlihat seperti benda yang tengah diperebutkan di dalam lelang. Segelintir aktor dan aktris kenamaan dunia kerap menolak sesi ini, seperti misalnya Johnny Depp dan Cameron Diaz.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.