Sukses

25-2-1984: Ledakan Gas di Brasil Tewaskan 500 Lebih Jiwa

Sebuah perkampungan kumuh di Brasil hangus terbakar akibat ledakan gas yang dahsyat. Suhu diperkirakan mencapai 982 derajat Celsius saat kebakaran terjadi.

Liputan6.com, Cubatao - Tepat hari ini pada tahun 1984, sebuah ledakan besar menghanguskan sebuah perkampungan kumuh di Brasil. Tak main-main, ledakan ini menewaskan sedikitnya 500 orang -- kebanyakan anak kecil.

Dikutip dari laman History.com, Minggu (25/2/2018), dari hasil investigasi, pihak penanggulangan bencana pun tak dapat memastikan angka persis korban jiwa.

Sebab, ledakan itu sampai membakar korban hingga jadi abu. Ledakan ini sendiri terjadi di perkampungan kumuh Cubatao, 48 km tenggara dari Sao Paulo, Brasil atau yang lebih dikenal dengan Vila Soco Favela.

Pemerintah dilaporkan mendirikan sekitar 9.000 rumah darurat di atas tanah yang dimiliki oleh Petrobas -- sebuah perusahaan minyak yang dikelola negara.

Ledakan itu berasal dari pipa gas yang dioperasikan Petrobas. Nahasnya, pipa gas itu terletak di samping perkampungan kumuh tersebut.

Kebocoran gas sendiri mulai terjadi pada hari sebelumnya. Gas oktan yang mudah terbakar ini menyebar secara merata ke selokan pemukiman warga Vila Soco, Brasil.

Setelah gas tersebar merata di got bawah tanah, baru lah ledakan terjadi setelah sebuah kobaran api menyala. Satu desa hangus. Suhu diperkirakan mencapai 982 Celsius saat kebakaran terjadi.

Sehari setelahnya, pemerintah baru bisa melakukan evakuasi. hanya ada 86 mayat yang ditemukan. Sisa satu kampung hangus terbakar dan diduga sudah jadi abu.

Selain peristiwa ini, pada tanggal yang sama di 1964, petinju Cassius Clay mengubah namanya menjadi Muhamad Ali. Dia berhasil memenangkan 22 kali gelar tinju kelas berat.

Tak hanya itu, tahun 1964 Perdana Menteri Korea Utara Kim Il-sung mengumumkan penghapusan kepemilikan lahan peninggalan zaman feodal dan mengubah seluruh pertanian kolektif menjadi milik negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.