Sukses

Tekan Bagian Tubuh Ini Selama 1 Menit, Lihat Apa yang Terjadi...

Liputan6.com, Jakarta - Tubuh kita terus aktif bergerak selama seharian. Istirahat cukup dan olahraga teratur sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

Terkadang, untuk mengusir rasa lelah, kita mencoba berbagai macam cara, seperti pergi ke tempat pijat refleksi atau memanggil tukang urut ke rumah, untuk melemaskan otot-otot.

Namun, tahukah Anda bahwa refleksologi dan akupresur (teknik pengobatan alternatif yang melibatkan pemberian tekanan lembut pada tangan dan kaki) sebenarnya bisa dilakukan sendiri?

Kapan pun dan di mana pun Anda berada, Anda bisa melakukan teknik sederhana ini tanpa harus menghambat rutinitas sehari-hari.

Refleksologi dilakukan dengan memijat atau memberi tekanan terapeutik (hasil penanganan medis yang sesuai dengan apa yang diinginkan) di area tertentu pada tangan dan kaki.

Ini berguna untuk memudahkan aliran darah, meredakan nyeri, dan mengembalikan kesegaran tubuh.

Ada beberapa area di tangan dan kaki kita yang disebut refleks, yang berhubungan dengan titik-titik tertentu pada tubuh dan bahkan sistem organ. Biasanya, di daerah yang kita rasakan sakit, di sanalah energi kita terhambat.

Berikut praktik refleksologi yang bisa Anda terapkan saat bersantai di rumah atau ketika berada dalam perjalanan, seperti dikutip dari Life Coach Code, Jumat (23/2/2018), agar membuat tubuh Anda tetap prima.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Migrain dan Sakit Kepala

Anda bisa meringankan rasa sakit kepala dan migrain dengan memusatkan pijatan pada pangkal jempol tangan kiri. Tekan bagian tersebut selama 60 detik dengan jempol, telunjuk dan jari tengah tangan kanan. Tahan rasa sakitnya.

3 dari 5 halaman

2. Sinus

Angkat tangan kiri Anda, jepit kuku telunjuk tangan kiri dengan jempol dan telunjuk tangan kanan, tekan kuat selama 1 hingga 3 menit. Lakukan pijatan lembut setelahnya. Lakukan hal serupa di seluruh jemari Anda.

4 dari 5 halaman

3. Sakit Perut

Hangatkan permukaan ibu jari dengan memutar dan menggosoknya di bagian tengah telapak tangan. Aktivitas ini akan merespons lambung dan limpa meridian. Setelahnya, tekan telapak tangan Anda dengan jempol tersebut.

5 dari 5 halaman

4. Fertigo dan Nyeri Perut karena Pramenstruasi

Untuk vertigo, pijat seluruh tangan dengan tekanan lembut. Kemudian, jepit ujung jari tengah Anda dan tekan kuat selama 1 menit.

Untuk pramenstruasi, pijat lembut seluruh tangan lalu tekan langsung jari telunjuk Anda tepat di ujungnya.

Lokasi lain yang perlu Anda tekan secara langsung adalah kuku jari kelingking.

Pertama, mulailah dengan memijat kedua tangan Anda selama satu menit untuk meningkatkan energi dan kepekaan tangan Anda. Pijat lembut dengan menggunakan ibu jari kedua tangan secara bergantian. Ini dimaksudkan untuk menghangatkan kulit.

Tekan dengan kuat area yang Anda inginkan dengan menggunakan ibu jari dan jempol. Tahan selama 1-5 menit dan ulangi 1-5 kali sesuai kebutuhan, atau setiap hari untuk mencegah kram perut saat pra-menstruasi.

Hal yang perlu digarisbawahi dari semua poin di atas, yaitu ibu hamil dilarang keras melakukannya sendiri tanpa pengawasan atau saran dokter, pasalnya ada area tertentu yang merangsang kontraksi uterus.

 

Simak video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.