Sukses

Singa Kurus dengan Buntut Putus di Kebun Binatang Ini Bikin Sedih

Liputan6.com, Shanxi - Sedih, seekor singa di sebuah kebun binatang di China ini terlihat mengenaskan. Tubuhnya kurus, hanya tulang berbalut kulit. Dan yang paling memprihatinkan adalah bagian buntutnya yang putus.

Seperti dikutip dari Mirror.co.uk, Selasa (20/2/2018), si raja hutan itu konon mengalami malnutrisi dan menggigit ekornya sendiri yang beku di lubang air.

Kondisi singa kurus itu diketahui dari para wisatawan yang mengunjungi Kebun Binatang Taiyuan di Provinsi Shanxi selama liburan Tahun Baru Imlek. Mereka mengaku melihat si raja hutan terluka dan sangat kekurangan gizi.

Singa kurus itu tinggal dalam kandang bersama seekor betina yang juga dalam kondisi serupa.

Pengunjung menuduh kebun binatang tersebut melakukan penganiayaan dan ketidaklayakan perawatan terhadap singa. Mereka juga menuntut penjelasan mengapa binatang itu kehilangan separuh ekornya.

"Hewan tersebut tertidur dengan ekor di dalam lubang minum buatan. Air kemudian membeku di suhu dingin dan buntutnya mengalami kerusakan jaringan lalu berdarah," kata seorang juru bicara Kebun Binatang Taiyuan menjelaskan.

Dia menambahkan bahwa singa itu akhirnya menggigit ekornya sendiri.

Staf kebun binatang mengatakan petugas menemukan luka itu dan singa pun segera diobati.

Sejauh ini pihak kebun bintang tak menanggapi tuduhan bahwa kedua singa tersebut kekurangan makanan dan gizi.

Menurut pemberitaan di situs mikroblogging Twiiter China, Sina Weibo, singa-singa tersebut digambarkan seperti tengah tertekan, saat mereka mondar-mandir di sekitar kandang kecil mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Singa Korban Perang ISIS

Binatang kurus lainnya juga pernah terlihat di Kebun Binatang Muntazr al-Nour di Mosul, Irak. Di sana ada seekor singa dan beruang kurus kering.

"Hewan-hewan di sini telah memiliki waktu yang sulit, seperti kita. Mereka ketakutan, tersakiti, dan dibunuh seperti kita," terang Huther dari Organisasi Perlindungan Hak Hewan Kurdistan kepada Middle East Eye pada 13 Februari 2017.

Kebun binatang di kota Mosul itu kembali dikunjungi anak-anak sejak pejuang ISIS telah diusir dari tempat tersebut.

Kebun binatang tersebut sebagian besar bangunannya telah hancur sejak peperangan yang terjadi antara pasukan Irak dan ISIS di tempat tersebut. Banyak binatang yang dibunuh atau dibiarkan berkeliaran bebas saat perang terjadi.

Beruntung hewan-hewan putus asa itu akhirnya bisa mendapat makan kembali berkat kebaikan hati para relawan tersebut. Kini mereka berharap beruang dan singa tersebut bisa sehat kembali seperti sedia kala dan bebas dari trauma.

Saksikan videonya berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Singa