Sukses

Penampakan UFO di Himalaya Picu Dugaan Adanya Markas Alien

Liputan6.com, Ladakh, Nepal - Para pemburu objek terbang misterius, atau UFO, menemukan sebuah penampakan sangat jelas sebuah benda asing yang melayang di atas puncak Gunung Everest.

Dilansir dari laman TheSun.co.uk pada Senin (19/2/2018), penampakan tersebut terdeteksi dalam sebuah cuplikan video dan foto dengan pembesaran dua miliar piksel.

Kedua bukti tersebut menjelaskan sebuah objek hitam berbentuk lonjong sempat melayang di atas puncak-puncak Himalaya, sebelum akhirnya mendadak hilang tanpa jejak.

 

Beberapa orang menduga penampakan UFO tersebut adalah sebuah drone, karena berat dan bentuk siluetnya cukup masuk untuk menjelaskan hal itu. Namun, dugaan itu diragukan karena tidak adanya kemungkinan yang cukup jelas untuk menjelaskan mengapa benda asing itu tiba-tiba menghilang.

Cuplikan video tersebut diambil dari pengambilan gambar oleh David Breashears, seorang penggiat film dokumenter, untuk kebutuhan proyek pembuatan film tentang kehidupan di kawasan ekstrem Himalaya.

Pengambilan gambar film terkait telah dilakukan sejak 2012, tapi baru menjalani proses editing sejak setahun terakhir. Di dalam proses editing inilah, penampakan UFO tersebut baru disadari.

"Kami tidak bisa menyebut (benda) itu apa. Namun yang pasti, sangat misterius, mulai dari bentuk, tujuannya terbang, dan alasan di balik sekilas kehadirannya," jelas Breashears.

 

Simak video menarik tentang penampakan UFO di Jepang berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dugaan 'Area 51' di Pegunungan Himalaya

Kelompok pengamat UFO Today, yang berinisiatif menganalisis bukti gambar terkait, mengatakan bahwa wilayah rahasia serupa Area 51 sangat mungkin berada di sekitar lokasi penampakan.

Dugaan tersebut turut memperkuat spekulasi mengenai keberadaan sebuah lokasi rahasia -- yang berkaitan dengan isu UFO -- di wilayah Ladakh, wilayah perbatasan China dan India di dekat pegunungan Himalaya.

Beberapa berkas CIA yang bocor pada 2017 lalu, sempat menyinggung dugaan terkait. Dilaporkan bahwa terjadi sebanyak tujuh kali penampakan benda asing yang terlihat di atas langit Nepal, Bhutan, dan India bagian utara pada tahun 1968 silam.

Sebuah laporan bahkan menyebut adanya kehadiran sebuah objek menyala yang terkadang sinarnya berkedip, diiringi oleh suara petir yang cukup besar.

Laporan terkait juga menyebut adanya temuan sebuah benda asing berbentuk cakram logam besar. Benda asing itu memiliki diameter sekitar 183 cm dan tinggi sekitar 120 cm.

Benda asing itu ditemukan di dalam sebuah kawah di kawasan pegunungan, yang berjarak sekitar kilometer di timur laut Kota Pokhara di Nepal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.