Sukses

Presiden Ceko Curi Pulpen Terekam Kamera

Video aksi 'pencurian pulpen' milik Istana Kepresidenan Chile yang dilakukan Presiden Republik Ceko, Vaclav Klaus saat berkunjung ke negeri Amerika Latin itu menjadi perhatian masyarakat di dunia maya. Rakyat Ceko kini menuding sang presiden sebagai seorang kleptomania.

Liputan6.com, Santiago: Aksi dari pencurian pulpen milik Istana Kepresidenan Chile yang dilakukan oleh Presiden Republik Ceko, Vaclav Klaus saat kunjungannya ke negeri Amerika Latin itu terekam secara jelas. Kini rekaman tersebut menjadi sorotan di dunia maya. Akibatnya, rakyat Ceko kini menuding sang presiden sebagai seorang kleptomania.

Dalam sebuah video berdurasi 1 menitan itu, Klaus yang tertarik dengan pulpen tersebut dengan gesit mengambil pulpen istimewa itu dengan tangan kanannya, lalu menyembunyikan pulpen tersebut di bawah meja. Setelah itu dia tampak memindahkan pulpen tersebut dari tangan kanan ke tangan kiri sebelum kemudian memasukannya ke kantung celana.

Aksi tersebut ia lakukan tatkala Presiden Chile, Sebastian Pinera yang berada di sebelahnya tengah sibuk memberi sambutan. Selama beraksi, Klaus selalu tersenyum di depan hadirin, seolah tidak ada sesuatu yang istimewa. Kotak pulpen yang sudah kosong itu lalu ditutupnya lagi.

Pulpen yang dicuri Klaus bukanlah pulpen sembarangan. Pulpen tersebut biasa digunakan untuk menandatangani perjanjian. Ia terbuat dari dari batu lapis lazuli khas Chile. Juru bicara kepresidenan Ceko, Radim Ochvat meluruskan bahwa pulpen khusus itu memang disediakan khusus untuk tamu negara Chile. "Kami di Kastil Praha selalu memberikan semacam pena untuk delegasi, bersama dengan notepad," kata Juru Bicara Kepresidenan Chile, Radim Ochvat. [link video]. (Reuters/ANT/YouTube/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini